Hand Sanitizer Buatan Mahasiswa Teknik Kimia Mulai Disebarkan ke Civitas Akademik

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh produksi hand sanitizer. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Program Studi Teknik  Kimia Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh produksi hand sanitizer untuk disebarkan ke sivitas akademika yang berada di lingkungan kampus.

Hand sanitizer tersebut di produksi oleh mahasiswa di laboratorium Teknik Kimia Fakultas Teknik Unimal Kampus Bukit Indah.

Baca juga: Langka, Unimal Produksi Sendiri Hand Sanitizer

Ketua Program Studi Teknik Kimia, Dr Lukman Hakim kepada Unimalnews, Jumat (27/3/2020) mengatakan pembuatan hand sanitizer ini dibawah pengawasan Kepala Laboratorium Teknik  Kimia Dr Masrulita.

"Pembuatan hand sanitizer  dilakukan oleh mahaiswa tahun akhir yang diawasi langsung oleh Kepala laboratorium serta dihadiri oleh Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama, Dr Azhari Asean Eng," katanya.

Menurutnya, pembuatan hand sanitizer tersebut bertujuan untuk bisa memenuhi kebutuhan di lingkungan kampus dan akan ditempatkan di 41 program studi, Fakultas, Unit Kerja dan Klinik kesehatan Unimal itu sendiri dan bukan untuk diperjualbelikan.

"Ini tahap pertama pembuatan hand sanitizer, dan akan dibagikan pada masing-masing unit kerja yang ada di Universitas Malikussaleh," sebutnya.

Sementara Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama, Dr Azhari Asean Eng menyebutkan pembuatan hand sanitizer tahap pertama itu sebanyak 60 liter dan di isi kedalam botol untuk di bagi ke semua unit kerja yang ada di kampus tersebut.

"Nanti per unit kerja, prodi dan pos satpam akan kita tempatkan dua botol untuk antisipasi penyebaran dan pencegahan Covid-19." tutur Azhari.

Disisi lain, Rektor Universitas Malikussaleh Dr Herman Fithra mengapresiasi mahasiswa prodi kimia yang memiliki inisiatif untuk memproduksi sendiri cairan yang biasa digunakan sebagai pembersih tangan ini. Apalagi saat ini hand sanitizer sangat sulit untuk didapatkan akibat tingginya permintaan terhadap barang tersebut.

"Alhamdulillah, Unimal sudah memproduksi sendiri hand sanitizer yang digunakan untuk keperluan sivitas akademika. Mari budayakan cuci tangan sebelum melakukan kegiatan atau pekerjaan terlebih lagi untuk pencegahan COVID-19 saat sekarang,"ajak Rektor Unimal.[tmi]


Kirim Komentar