Rektor Unimal Terbitkan Buku Penurunan Kinerja Jalan

SHARE:  

Humas Unimal
Buku Penurunan Kinerja Jalan yang ditulis oleh Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng menerbitkan sebuah buku yang berjudul Penurunan Kinerja Jalan. Buku setebal 120 halaman tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan  pada ruas jalan yang menghubungkan Krueng Geukeuh dengan Beureghang di Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara.

Adapun hal yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian tersebut adalah, karena  terdapat penurunan kinerja perkerasan jalan pada ruas jalan maupun persimpangan jalan . Ruas jalan Krueng Geukeuh – Beureghang sendiri dibangun bulan Oktober tahun 2013.

Menurut Herman dalam buku tersebut terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan kinerja jalan antara lain; mutu awal produk jalan yang jelek, beban lalu lintas, panas atau temperatur, udara, air dan juga hujan. Sehingga, jalan selain direncanakan secara tepat  harus dipelihara dengan baik agar dapat melayani pertumbuhan lalu lintas selama umur rencana, tulis Herman.

Tujuan dari diterbitkannya buku ini agar dapat menjadi referensi  bagi  mahasiswa,  alumni  dan praktisi yang terlibat dalam dunia konstruksi jalan raya, khususnya perkerasan aspal beton panas. Sehingga buku ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam perancangan, pelaksanaan dan pengendalian mutu untuk mencapai umur jalan yang direncanakan, jelas Herman.[ryn]


Kirim Komentar