Dukung Swasembada Pangan, AET Unimal Undang Pakar Lahan

SHARE:  

Humas Unimal
Istimewa; Suasana kuliah umum di Gedung ACC Universitas Malikussaleh

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Prodi Studi Agroekoteknologi  (AET) Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh akan melaksanakan kegiatan kuliah umum dengan tema "Sistem Informasi dan Evaluasi Kesesuaian Lahan mendukung Pertanian dan Swasembada Pangan" pada Selasa 19 Maret 2019 di Gedung ACC Universitas Malikussaleh. Mengusung tema swasembada pangan kuliah umum ini nantinya akan menghadirkan pakar kesesuaian lahan yaitu Guru Besar dari Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf. MP.

Ketua Prodi AET Dr. Laila Nazirah dalam keterangannya menyampaikan alasan kenapa menjadikan tema swasembada pangan menjadi hal yang perlu diangkat saat ini, karena provinsi Aceh merupakan salah satu lumbung pangan nasional. Masih banyak  lahan-lahan yang termarginalkan di Aceh ini, sehingga perlu dilakukan kajian lebih lanjut tentang bagaimana lahan yang sesuai untuk tanaman pangan. Pangan dewasa ini tidak hanya tentang produksi beras saja, namun harus berpikir juga tentang pangan yang bisa kita eskpor. Aceh harusnya bisa menjadi daerah penghasil produk pangan yang berdaya saing dengan segala kesuburan tanah yang dimiliki ungkap Laila.

Kuliah umum nanti diharapkan mampu menjadi sebuah pengantar untuk membuka wawasan akan lahan pertanian yang ada di Aceh. Kegiatan kuliah umum ini mengundang para dosen di lingkungan fakultas pertanian, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Utara, para praktisi dan juga mahasiswa program studi  S2 AET. [ryn]


Kirim Komentar