Nurul, Mahasiswi yang Bekali Siswa dengan Mengajarkan Soft Skill dari Rumah ke Rumah

SHARE:  

Humas Unimal
Nurul, Mahasiswi sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK) di Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Pidie – Pelaksanaan KKN mahasiswa tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan wabah virus Corona  (Covid-19). Kegiatan KKN yang dilaksanakan saat ini terdiri dari 10 jenis, salah satunya yaitu Kuliah Kerja Nyata Balik ke Kampung (KKN-BK). Seperti yang dilakukan oleh Nurul salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh. Program utama yang dilaksanakan yaitu mengajarkan soft skill menggunakan microsoft word.

Kegiatan mengajarkan soft skill kepada siswa dilakukan selama masa pandemi, program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dalam menggunakan microsoft word, mengetik rumus fisika atau matematika yang jarang diketahui cara penggunaannya.

Selain itu Nurul juga mengajar anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) mengaji dengan  meningkatkan hafalan doa-doa dan ayat-ayat pendek di Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie yang dimulai pada Senin, 20 April 2020 lalu.

Dalam hal ini Nurul berkunjung ke setiap rumah siswa untuk mengajar,  dalam sehari  diperkirakan pembelajaran berlangsung selama lebih kurang dua jam.

"Setiap rumah yang saya kunjungi terdapat satu hingga tiga anak dari tingkat SD, SMP dan SMA. Kegiatan yang saya lakukan juga mendapat dukungan dari  Geuchik Gampong Jojo bapak Bismi Husen," kata Nurul kepada Unimalnews, Senin (11/5/2020).

Dosen Pembimbing Lapangan, Dr Ratri Candrasari menyebutkan dengan terlaksananya kegiatan tersebut, semoga dapat membantu siswa dan pengajar dalam mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari selama di kampus.

"Kita sangat mendukung, dan semoga siswa dapat terbantu dengan adanya kegiatan anak KKN ini selama masa pandemi Covid-19 ini," pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar