BEM FK Universitas Malikussaleh Gelar Talkshow Peran Institusi Pendidikan di Era Covid-19

SHARE:  

Humas Unimal
Pelaksanaan Talkshow secara daring yang diksanakan oleh BEM FK Universitas Malikussaleh, Kamis (14/5/2020). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Banyak hal yang berubah di masa pandemi  Covid-19 ini. Satu diantaranya adalah proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Di masa pandemi, kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan secara tatap muka langsung antara murid dan guru atau antara mahasiswa dengan dosen di dalam sebuah ruangan kelas.

Pembelajaran di masa Covid-19 ini dilaksanakan dalam jaringan (daring). Proses pembelajaran seperti ini mengharuskan pihak-pihat terkait harus bisa menggunakan teknologi dengan baik. Tidak cukup hanya dengan mampu menggunakan saja, perangkat teknologinya juga harus memiliki jaringan yang baik agar proses belajar mengajar itu bisa dilaksanakan dengan baik.

Pelaksanaan perkuliahan daring di Universitas Malikussaleh sejak tanggal 23 Maret 2020, menjadikan  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran melakukan talkshow secara daring dengan mengangkat tema “Eksistensi Peran Institusi Pendidikan dalam Memutus Rantai Covid-19 dan Menyelamatkan Pendidikan di Era Pandemik”.

Kegiatan yang digelar Kamis (14/5/2020) ini menghadirkan dua narasumber yaitu Dr Herman Fithra Asean Eng yang merupakan Rektor Universitas Malikussaleh serta dr Teuku Ilhami Surya Akbar MBiomed, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19 di Universitas Malikussaleh.

Menurut Ketua Umum BEM FK Unimal, Farid Husaini, kegiatan talkshow ini dilatarbelakangi oleh ingin melihat sejauhmana peran Universitas Malikussaleh sebagai lembaga pendidikan dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 ini.

Sudah hampir dua bulan proses pembelajaran secara daring dilaksanakan, masih banyak kendala yang dirasakan oleh mahasiswa dengan metode pembelajaran seperti ini. Faktor kuota internet dan jaringan di lokasi asal mahasiswa menjadi hal yang paling dominan yang muncul selama proses pembelajaran daring ini.

Farid menyampaikan juga dalam kegiatan talkshow itu Rektor Universitas Malikussaleh memaparkan tentang hal-hal  yang sudah dilakukan Unimal untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. Salah satunya adalah membentuk satuan tugas khusus yang bertugas melaksanakan langkah-langkah agar penyebaran virus Corona tidak menyebar di Unimal. Rektor juga mengimbau agar pada masa seperti ini, kita juga meningkatkan ibadah kita dan memperbanyak do’a agar masa pandemi ini segera berlalu.

Kegiatan talkshow ini berlangsung dari pukul 16.30 dan berakhir pada pukul 18.00 WIB.[ryn]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar