Kelompok 180, Sosialisasi dan Edukasi Sadar Novel Covid-19 bagi Warga Desa Blang Riek

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 180 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi sadar virus Corona bagi warga di Desa Blang Riek, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Foto:

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa KKN Kelompok 180 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi sadar virus Corona bagi warga di Desa Blang Riek, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.

Ketua kelompok KKN, Rizkan kepada Unimalnews, Kamis (21/5/2020) mengatakan,  virus Corona semakin menimbulkan kekhawatiran. Sampai saat ini, tercatat 17 warga Aceh dan 18.000 lebih penduduk di Indonesia terjangkit virus tersebut.

"Oleh karena itu, kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan diri agar terhindar dari virus ini. Dengan pola hidup sehat, maka dipercaya efektif mencegah penularan virus tersebut," katanya.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi dan edukasi ini dilakukan dengan cara door to door ke rumah dan warung ke warung serta kelompok kecil. Warga diberitahu tentang bahaya Covid-19, gejala-gejala yang mungkin muncul, serta pembiasaan budaya hidup bersih dan sehat.

Selain itu, mereka juga membawa brosur Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk dijelaskannya kepada masyarakat tentang tatacara cuci tangan yang baik standar WHO.

"Mencuci tangan adalah tindakan yang cukup mudah untuk dilakukan, tetapi masih banyak yang belum mengetahui beberapa langkah dalam mencuci tangan yang baik dan benar. Oleh sebab itu, kami membagikan brosur tentang cara mencuci tangan yang tepat sesuai standar WHO dengan tujuan agar warga bisa memahami dan menerapkan perilaku tersebut sebagai salah satu langkah mencegah Covid-19," terang Rizkan.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Teuku Azhari MEd mendukung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut. "Diharapkan masyarakat mau mengikuti anjuran PHBS dan mencuci tangan agar hidup sehat serta terhindar dari virus Corona," tuturnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar