Ulfa dan Joni Mewakili Unimal di LKMM-TM 2020

SHARE:  

Humas Unimal
Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) selama tiga hari digelar secara daring dan diikuti dua mahasiswa Universitas Malikussaleh. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dua mahasiswa Universitas Malikusaleh, Afina Ulfa dan Joni Sandika Putra, mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan LKMM Tingkat Menengah tersebut berlangsung secara daring selama tiga hari dan diikuti 170 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Afina Ulfa mengaku beruntung mendapatkan kepercayaan mengikuti pelatihan tersebut sebab hanya dua mahasiswa dari Universitas Malikussaleh yang mendapat kesempatan tersebut.  

“Kegiatan ini membantu kami menumbuhkan kesadaran diri untuk  belajar menjadi pemuda yang berguna di masa depan, berjiwa pemimpin, dan memiliki rasa literasi yang tinggi tentang pengetahuan,” ungkap Afina Ulfa, Senin (25/5/2020).

Menurut mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi tersebut, ia dan para peserta mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru bagaimana mengelola organisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. “Ini sangat berguna untuk menghadapi dunia kerja dan mencapai cita-cita Indonesia Emas,” tambah Ulfa.

Salah satu narasumber, Misbah Fikrianto, menyebutkan LKMM bertujuan mendidik mahasiswa memiliki keterampilan manajerial yang sepadan dengan tingkat tanggung jawab masing-masing. Mahasiswa harus memiliki tanggung jawab, jujur,  mandiri, mampu bekerja sama, dan memiliki jiwa kewirausahaan.

“Mahasiswa harus mampu mengembangkan sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil sebaik mungkin. Dalam LKMM-TM mahasiswa  juga diajarkan kebijakan kampus merdeka dan bagaimana bersikap layaknya mahasiswa di dalam maupun di luar kampus. Memiliki tata krama, mengkritik aturan pemerintah dengan bijaksana, dan berpikir kritis,” papar Misbah.

Kegiatan LKMM-TM 2020 juga menghadirkan pembicara dari Dirjen Dikti, Direktur Belmawa, dan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI). [ayi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar