Ini SOP Universitas Malikussaleh dalam Menjalankan Normal Baru

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng. Foto; Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Empat hari sudah pemberlakuaan Work From Home (WFO) dalam masa normal baru (new normal) di Universitas Malikussaleh. Hal itu setelah terbitnya Surat Edaran Rektor Unimal Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Akademik dan Pelayanan Publik di Lingkungan Universitas malikussaleh (New Normal) dimana salah satu isinya adalah tidak memperpanjang Work From Home (WFH) yang habis masanya pada tanggal 29 Mei 2020.

WFO yang mulai diberlakukan sejak Selasa (2/6/2020) harus tetap menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Hal tersebut dikarenakan masa pandemi belumlah sepenuhnya berakhir.

Untuk menghindari agar Unimal tidak menjadi tempat beredar dan berkembangnya virus Corona setelah pemberlakuan WFO ini, Rektor mengeluarkan Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2020 tentang Standar Operasional  Prosedur (SOP) Normal Baru di Lingkungan Universitas Malikussaleh pada Sabtu (6/6/2020).

Pada edaran tersebut terdapat delapan protokol kesehatan yang mesti dilaksanakan oleh setiap sivitas akademika Unimal, beberapa diantaranya adalah protokol kesehatan umum kampus, protokol kesehatan sarana dan prasarana kampus, protokol kesehatan selama di kampus serta protokol kesehatan selama di tempat isolasi bagi dosen, tendik dan mahasiswa.

Beberapa Standar Operasional Prosedur (SOP) yang terdapat dalam protokol umum kampus adalah skrining kesehatan bagi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa untuk memastikan kondisi kesehatannya tidak berpotensi menularkan atau tertular Covid-19, mewajibkan penggunaan masker di lingkungan kampus dan terus melakukan koordinasi intensif dengan fasilitas kesehatan terdekat.

Menurut Rektor Unimal, Dr Herman Fithra Asean Eng, pelaksanaan protokol kesehatan ini berlaku untuk semua sivitas akademika. “Pelaksanaan protokol kesehatan ini akan dipantau oleh Satgas Covid-19 Unimal. Dalam hal ada sivitas akademika yang kembali dari luar Aceh maka akan dilakukan langkah preventif dengan melakukan isolasi pada tempat yang sudah disediakan nantinya,” pungkas Rektor.[ryn]

Baca Juga; 2 Juni, Dosen dan Tendik Unimal Mulai Aktivitas New Normal


Kirim Komentar