Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Dosen FT Unimal dalam Upaya Pencegahan Covid-19

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh bersama mahasiswa KKN ketika melakukan pengabdian masyakarat beberapa waktu lalu. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Melakukan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19. Kegiatan itu berkolaborasi dengan Satgas PMI Covid-19 Lhokseumawe dan mahasiswa KKN Kelompok 30.

Dosen yang tergabung dalam pengabdian ini berjumlah enam orang yang diketuai oleh Nova Purnama Lisa MSc. Sebagai anggota adalah Dr Sofyan, Ahmad Nayan MT, Fidyati Med, Armelia Dafrina MT dan Deassy Siska MSc.

Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi melalui radio, penyemprotan disinfektan, pemasangan banner yang berisi imbauan dan informasi terkait Covid-19, pembagian leaflet/brosur, pembagian masker, dan pembagian bahan makanan.

 Dalam rilis yang diterima Unimalnews, Rabu (17/5/2020), Deassy mengatakan bahwa penyemprotan disinfektan dilakukan di Gampong Batuphat Barat Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe. Penyemprotan disinfektan yang  menggunakan peralatan dari Satgas PMI ini dilakukan pada tempat publik yaitu meunasah dan masjid.

Pembagian masker dan flyer dilakukan di Simpang Empat Krueng Geukeuh Kabupaten Aceh Utara. Masker dibagikan kepada para pengendara yang tidak menggunakan masker yang melintasi jalan tersebut. Masker juga dibagikan kepada para pedagang dan tukang becak yang berada di sekitar daerah tersebut.

Ketua Tim, Nova Purnama Lisa mengatakan bahwa kegiatan pembagian masker dan flyer ini dilakukan bersama mahasiswa KKN Kelompok 30. Pembagian masker dan leaflet ini ditujukan agar masyarakat lebih peduli dalam menjaga diri agar tidak terkena Covid-19. Memakai masker saat melakukan aktivitas di luar rumah merupakan salah satu cara,” ujar Nova.

Sementara itu Ketua Satgas PMI Covid-19 Kota Lhokseumawe, Muhammad Wali Umar menyampaikan masa pandemi perlu disikapi dengan rasa toleran dan kepedulian. Sikap menghargai dan peduli sesama akan memudahkan pencegahan sesuai petunjuk gugus tugas. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh  dosen FT Unimal ini pantas untuk diapresiasi dan menjadi contoh kepedulian bagi setiap lapisan masyarakat.[ryn]


Kirim Komentar