Rektor Unimal Bersama Rombongan Kunjungi Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh bersama rombongannya silaturahim ke Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Singkil - Rektor Universitas Malikussaleh bersama rombongannya silaturahim ke Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil di Kampung Kilangan Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (19/6/2020).

Rombongan yang ikut dalam kunjungan tersebut yakni Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng, Guru Besar Universitas Malikussaleh, Prof A Hadi Arifin, Pembantu Rektor II, Dr Mukhlis, Pembantu Rektor IV, Dr Azhari, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr Nazaruddin, dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr Hendra Raza yang disambut oleh pimpinan pesantren tersebut Tgk Muhammad Fikri yang merupakan cucu dari Almarhum Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam.

Amatan Unimalnews, dalam pertemuan itu Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng menyampaikan kepada Tgk Muhammad Fikri jika kekek nya itu Abuya Syekh H Zamzami Syam merupakan salah seorang tokoh yang sangat berperan dalam penegerian Universitas Malikussaleh pada tahun 2001 silam.

Pada kesempatan itu, Rektor Unimal juga menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Almarhum Abuya Syekh H Zamzami Syam melalui cucunya Teungku Muhammad Fikri.

"Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam salah seorang ulama yang ikut membantu penegerian Unimal. Pada saat itu beliau menjumpai Presiden Gus Dur bersama para ulama lain. Dari tahun berdirinya, Unimal saat ini berusia 51 tahun, sementara usia dari penegerian sudah 19 tahun," kata Dr Herman.

Kemudian, Tgk Muhammad Fikri merasa terkejut ketika mendengar penyampaian Rektor Unimal, pasalnya beberapa santrinya juga kuliah di Unimal, tetapi tidak mengetahui jika dalam sejarah penegerian terlibat kakeknya yang merupakan pendiri Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil.

"Saya sendiri baru mengetahui bahwa Abuya ikut serta dalam penegerian kampus Unimal, dan ini diluar pemikiran saya," sebutnya.

Muhammad Fikri mengucapkan terima kasih kepada rombongan dari Unimal yang telah mengunjungi pesantren yang saat ini di bawah pimpinannya.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih karena telah berkunjung ke pesantren ini dengan jarak antara Lhokseumawe dengan Aceh Singkil yang butuh perjalanan berhari-hari. Semoga kunjungan ini bisa membawa berkah kepada Unimal dan kita semua," tambahnya.

Usai kunjungan ke Pesantren, Rektor Unimal bersama rombongan melayat ke makam Syekh Abdurrauf Al Singkili yang terletak di bibir sungai Singkil Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.[tmi]


Kirim Komentar