Pelaksanaan UTBK di Universitas Malikussaleh Berakhir, Kehadiran Peserta 92 Persen

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana Pelaksanaan UTBK di Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Foto; Suryadi Kawom

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Berakhir sudah pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) di Universitas Malikussaleh. Ujian yang dilaksanakan mulai tanggal 5 Juli ini, resmi berakhir pada Kamis (9/7/2020).

Pelaksanaan ujian pada hari terakhir di Unimal ini dilakukan pada 10 ruang saja yang semuanya berada di Kampus Bukit Indah. Pada pelaksanaan hari terakhir ini tercatat 28 orang peserta tidak hadir tanpa alasan.

Koordinator Pelaksana (Korpel) UTBK di Unimal, Teuku Kemal Fasya MHum mengatakan, proses pelaksanaan ujian berjalan lancar. Tingkat kehadiran peserta mencapai  92 persen. Dari 2261 peserta sebanyak 187 orang tidak hadir untuk mengikuti ujian.

Selanjutnya, terdapat 46 orang peserta yang berasal dari luar Provinsi Aceh yang mengikuti ujian di Universitas Malikussaleh, 20 orang diantaranya membawa hasil rapid test yang menunjukkan negatif Covid-19. Lainnya sudah menjalani isolasi mandiri dikarenakan sudah berada di Lhokseumawe jauh hari sebelum pelaksanaan ujian berlangsung.

Menurut Kemal, Unimal hanya menyelenggarakan UTBK pada tahap  pertama saja. Sebagaimana diketahui, Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjadwalkan dua tahapan dalam pelaksanaan UTBK tahun ini. Tahap pertama dilaksanakan tanggal 5-14 Juli, sedangkan tahap kedua dilaksanakan 20-29 Juli.

Penyelenggaraan UTBK tahap kedua dilakukan bagi pusat UTBK yang tidak bisa melaksanakan ujian pada tahap pertama dikarenakan kesulitan akses untuk datang ke lokasi ujian disebabkan daerah tempat pusat UTBK tersebut belum memenuhi persyaratan Satgas Covid-19, pungkas Kemal.[ryn]


Kirim Komentar