Ilmu Politik Unimal Bersiap Dapatkan Akreditasi Prodi Unggul

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana rapat dosen Program Studi Ilmu Politik pada suatu kesempatan. Foto; Riyandhi Praza

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh akan menjalani asesmen lapangan akreditas secara daring pada Rabu dan Kamis (29-30/7/2020).  Asesmen selama dua hari tersebut dilaksanakan berdasarkan data dalam update isian borang  tahun akademik penuh terakhir (TS) yang sudah dikirim oleh prodi ke menu  Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

Ketua Prodi Ilmu Politik Unimal, Bobby Rahman MSi mengatakan bahwa borang yang telah dikirimkan ke dalam menu SAPTO adalah Instrumen Borang Program Studi S1 dengan Tujuh Standar. Ketujuh Standar itu berisi, 1)visi, misi, tujuan dan sasaran serta sasaran pencapaian prodi, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa dan lulusan, 4) sumber daya manusia, 5)kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6)pembiayaan, sarana dan prasarana, serta Sistem Informasi, 7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerja sama.

Program Studi Ilmu Politik Unimal saat ini telah memiliki tujuh orang dosen bergelar doktor dari total 15 orang jumlah dosen di prodi tersebut. Dosen yang mengajar di Prodi Ilmu Politik merupakan lulusan dari perguruan tinggi yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Dalam mencapai sasaran, Program Studi Ilmu Politik telah menyusun strategi pencapaian yang didasarkan pada hasil analisis SWOT yang digali berdasarkan bidang pendidikan, bidang pengembangan kepada masyarakat, bidang pengembangan publikasi ilmiah, bidang pengembangan kapasitas organisasi.

Saat ini penilaian akreditasi dibagi menjadi empat status yakni Akreditasi unggul dengan nilai lebih dari 361, akreditasi baik sekali dengan nilai 301 hingga 360, akreditasi baik dengan nilai 200 hingga 300, dan tidak terakreditasi dengan nilai kurang dari 200. Semoga Prodi Ilmu Politik Unimal bisa mendapatkan nilai dengan kategori unggul nantinya, harap Bobby.[ryn]


Kirim Komentar