Tim PPM-PPK Universitas Malikussaleh Berikan Pelatihan Kewirausahaan

SHARE:  

Humas Unimal
Tim PPM-PPK Universitas Malikussaleh berfoto bersama dengan narasumber, tenant, dan calon tenant dalam pelatihan yang dilaksanakan Sabtu (23/8/2020) di Kampus Pascasarjana Unimal. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dua orang dosen Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam Tim Program Pengabdian Masyarakat dan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPM - PPK) kembali menggelar pendidikan dan pelatihan kewirausahaan kepada tenant dan calon tenant di kampus Pascasarjana Unimal, Lancang Garam, Lhokseumawe. Kegiatan yang dinamakan dengan “Millennial Entrepreneurship 2020” dilaksanakan oleh Kamaruddin Hasan Msi dan Harinawati MSi pada Sabtu (22/8/2020).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelatihan yang sebelumnya dilaksanakan pada Minggu (27/7/2020). Pelatihan kali ini menghadirkan Kepala UPT Inovasi dan Inkubator Bisnis Unimal, Dr Rusydi Abubakar sebagai narasumber.

Ketua Tim PPM-PPK, Kamaruddin Hasan mengatakan bahwa , saat ini tim sedang merekrut dan mendata calon-calon tenant baru baik dari kalangan mahasiswa maupun alumni untuk proses penguatan kapasitas personal dan bisnis, baik produk maupun jasa. “Kita mengarah pada usaha atau bisnis berbasiskan online dengan memanfaatkan internet dan pola komunikasi pemasaran yang baik,” ujar Kamaruddin.

Hal tersebut dibenarkan oleh anggota tim, Harinawati MSi. “ Saat ini bisnis dengan memanfaatkan media internet terus digalakkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Dr Rusydi Abubakar, dalam paparannya menyebutkan bahwa untuk menjadi tenant yang sukses, terlebih dahulu harus memahami ranah bisnis saat ini, termasuk pada saat pandemi Covid-19.

“Selama pandemi Covid-19 bisnis didominasi oleh digitalisasi, apabila masih bertahan dengan cara konvensional. maka akan KO,” ucap Rusydi.

Selanjutnya, Rusydi juga mencontohkan banyak hal di sekeliling kita  hari ini yang bisa diolah menjadi bisnis, salah satunya biji durian yang bisa diolah menjadi kripik untuk kemudian dipasarkan melalui platfrom digital.

"Hari ini pemerintah begitu gencar mengeluarkan anggaran untuk menumbuhkan UMKM, Pelaku Bisnis harus mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan memperlihatkan keunggulan pada bisnis yang dijalankan,” tutup Rusydi.[ryn]

Baca Juga; PPM-PPK Gelar Pelatihan Millenial Entrepreneurship


Kirim Komentar