Unimal Laksanakan PKKMB Daring Pada 17 September

SHARE:  

Humas Unimal
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Malikussaleh, Dr Baidhawi. Foto; Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus  Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Malikussaleh akan mulai dilaksanakan pada tanggal 17 September 2020. PKKMB kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana tidak dilakukan secara tatap muka langsung melainkan secara online (daring).

Hal tersebut diungkapkan oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unimal, Dr Baidhawi pada pertemuan persiapan PKKMB beberapa waktu lalu yang dihadiri juga oleh Hendrival MSi (Pembantu Dekan III Fakultas Pertanian), Subhani MSi (Pembantu Dekan III FISIP), dr Iskandar (Kaprodi Pendidikan Dokter), Ella Suzanna MHSc (Kaprodi Psikologi), dan Asri MT (Kabag Kemahasiswaan).

Menurut Baidhawi, pelaksanaan PKKMB secara daring ini sesuai dengan Surat Nomor 631/E.E2/KM/2020 dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI tentang Pedoman Umum PKKMB Tahun 2020. Disebutkan dalam surat tersebut, PKKMB 2020 dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19.

PKKMB merupakan wahana bagi perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan tinggi.

Terdapat beberapa materi yang akan disampaikan dalam pelaksanaan PKKMB, diantaranya, pembinaan kesadaran bela negara, pemahaman tentang Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pembinaan gerakan revolusi mental: Indonesia melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu, sistem pendidikan, dll.

“PKKMB ini memberikan bekal kepada mahasiswa yang akan menjadi pemimpin masa depan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global,” pungkas Baidhawi.[ryn]


Kirim Komentar