Dekan FISIP Narasumber Binkom Cegah Konflik Sosial

SHARE:  

Humas Unimal
Dekan FISIP Universitas Malikussaleh, Dr M Nazaruddin ketika menjadi narasumber dalam kegiatan Binkom AGHT yang dilaksanakan oleh Korem 011/Lilawangsa beberapa waktu lalu. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh, Dr M Nazaruddin menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) yang dilaksanakan oleh Korem 011/Lilawangsa beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Ahmad Yani Korem 011/Lilawangsa.

Kegiatan yang diikuti oleh jaringan intel masing-masing satuan dan masyarakat ini bertemakan “Peran Seluruh Komponen Masyarakat dan Pemerintah dalam Mengantisipasi dan Mengatasi AGHT Guna Mencegah Konflik Sosial”. Selain Dekan Fisip Unimal, kegiatan tersebut juga menghadirkan Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto sebagai narasumber.

Dalam paparan materinya, M Nazaruddin menyampaikan bahwa setiap adanya interaksi sosial selalu memiliki potensi konflik dan damai (laten), oleh karena itu dari sejak dini harus sudah dipetakan dan diidentifikasi sehingga solusi dan resolusinya sudah disiapkan untuk meredakan atau mendamaikan konflik tersebut. “Masing-masing konflik memiliki akar persoalan tersendiri yang   harus diidentifikasi secara objektif sebagai basis menciptakan resolusi atau damai,” ujarnya.

Setidaknya terdapat tujuh dimensi konflik yang bisa muncul dalam kehidupan bermasyarakat, konflik individual, konflik agama, konflik ideologi, konflik politik, konflik, ekonomi, konflik kesukuan, dan konflik teritorial.

“Dalam setiap kehidupan sosial memang memliki potensi konflik namun pada saat yang sama juga memiliki potensi untuk damai. Karena pada hakikatnya manusia itu ingin hidup aman, nyaman, adil, sejahtera, dan bahagia. Maka yang menjadi tugas kita adalah selalu berupaya menekan konflik dan menjaga  perdamaian,” pungkasnya. [ryn]


Kirim Komentar