Orang Berkarakter, Bisa Merespon Situasi secara Bermoral

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Azwar MPsi yang menjadi pemateri tentang pendidikan karakter di PKKMB Universitas Malikussaleh secara virtual di Aula Cut Meutia, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Jumat (18/9/2020). Foto Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Sebagai upaya menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi orang yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi dengan lingkungan yang baru, Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020. Salah satunya dengan memberikan pendidikan karakter.

Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Azwar MPsi yang menjadi pemateri tentang pendidikan karakter mengatakan, karakter itu adalah suatu upaya yang dilakukan seseorang dalam rangka mengembangkan kemampuan yang dimiliki dan memelihara baik buruk. Pada dasarnya manusia dilahirkan semua baik, kenapa ada yang jahat?, itu terjadi karena karakternya berubah akibat pengaruh lingkungan serta pemikiran-pemikiran yang di doktrin mempengaruhi perubahan nilai.

"Ketika berbicara karakter itu sebenarnya, bagaimana kita mampu menata ulang kebaikan-kebaikan yang sudah pernah diajarkan oleh orang tua kita dulu," katanya ketika memberi materi pada PKKMB Universitas Malikussaleh secara virtual di Aula Cut Meutia, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Jumat (18/9/2020).

Lanjutnya, dalam rangka memasuki dunia perkuliahan, pendidikan karakter itu sangat penting terutama harus siap menata diri untuk beradaptasi di lingkungan kampus. Pendidikan karakter bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal mana yang baik sehingga peserta didik menjadi paham tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan nilai yang baik dan biasa melakukannya.

"Dengan kata lain, pendidikan karakter yang baik harus melibatkan pengetahuan yang baik dan berperilaku yang baik," tuturnya.

Tambahnya, tujuan pendidikan karakter bagi mahasiswa secara umum bisa mengembangkan potensi nuraninya sebagai manusia yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa, serta mampu menjadi manusia yang mandiri, kreatif dan berwawasan kebangsaan.

"Orang berkarakter itu memiliki sifat alami dalam merespon situasi secara bermoral yang dimanifestasikan dengan tindakan nyata melalui perilaku. Dalam pandangan agama, orang yang berkarakter itu memiliki potensi seperti Fathonah, Sidiq, Amanah, dan Tabligh," jelasnya.

Kegiatan tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dan turut dihadiri seluruh civitas akademika kampus serta ribuan mahasiswa melalui video Zoom Meeting dan Channel YouTube Unimal TV.[tmi]


Kirim Komentar