Ilmu Kelautan Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

SHARE:  

Humas Unimal
Sosialisasi Kurikulum Merdeka Prodi Ilmu Kelautan Universitas Malikussaleh beberapa waktu lalu. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Prodi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh, siap menerapkan Kurikulum Merdeka “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” pada semester ganjil 2020/2021. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Prodi Ilmu Kelautan, Dr Erniati dalam kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Prodi Ilmu Kelautan beberapa waktu lalu.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan secara daring tersebut diikuti oleh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di Ilmu Kelautan.

Erniati mengatakan bahwa sosialisasi ini untuk menjelaskan secara rinci tentang Kurikulum Merdeka, sehingga mahasiswa Ilmu Kelautan dapat memahami dan tidak mengalami kendala dalam proses perkuliahan nantinya.

Dalam paparannya, Erniati  menyampaikan bahwa dalam panduan Kemendikbud, esensi dari Kurikulum Merdeka adalah mahasiswa memiliki kesempatan untuk satu  semester atau setara dengan 20 sks  menempuh pembelajaran di luar program studi pada  perguruan tinggi yang sama; dan paling lama dua semester atau setara dengan 40 sks menempuh pembelajaran pada program studi  yang sama di perguruan tinggi yang berbeda,  pembelajaran pada program studi yang berbeda di  perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau  pembelajaran di luar perguruan tinggi.

“Prodi Ilmu Kelautan sendiri juga telah mempersiapkan konversi mata kuliah yang bisa diambil mahasiswa prodi tersebut pada prodi lain seperti mata kuliah Arsitektur Desa dan Pesisir (Prodi Arsitektur), Rekayasa Lingkungan (Prodi Teknik Sipil), Hukum Laut Internasional (Prodi Ilmu Hukum), Riset Kewirausahaan (Prodi Kewirausahaan), Ekonomi Sumber Daya Manusia (Prodi Ekonomi Pembangunan),” pungkasnya.[ryn]


Kirim Komentar