PKM Unimal Gelar Pelatihan Pembuatan Water Filtering System untuk Masyarakat Desa Blang Pulo

SHARE:  

Humas Unimal
Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Malikussaleh melakukan pelatihan pembuatan water filtering system secara daring (dalam jaringan) kepada masyarakat Desa Blang Pulo Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe . Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat Universitas Malikussaleh melakukan pelatihan pembuatan water filtering system secara daring (dalam jaringan) kepada masyarakat Desa Blang Pulo Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe .

Peserta yang mengikuti kegiatan ini diantaranya perangkat Desa Blang Pulo, yang terdiri atas Sekretaris Desa (Sekdes), Kepala Urusan Kesejahteraan Masyarakat (Kaur Kesra), Kepala Urusan Perencanaan, Kepala Urusan Umum, Kepala Seksi Pemerintahan, dan beberapa warga desa setempat.

Ketua tim PKM, Farid Yoanda kepada Unimalnews, Senin (28/9/2020) mengatakan, PKM pengabdian masyarakat merupakan sarana untuk perwujudan secara nyata dalam memberikan kontribusi langsung melalui pelatihan kepada masyarakat berupa ilmu pengetahuan yang disesuaikan untuk mengimplementasikan teknologi tepat guna dalam kehidupan sehari-hari.

"Dalam kondisi pandemi Covid-19, pengabdian ini dilakukan secara daring yang bertujuan agar masyarakat desa Blang Pulo memiliki pengetahuan mengenai karakteristik air bersih yang sesuai standar baku, dan keterampilan dalam hal pembuatan water filtering system sebagai alat penjernihan air dalam tanah," katanya.

Menurutnya, kegiatan pelatihan daring ini berlangsung kondusif dengan penyampaian materi dan pemberian video tutorial serta buku panduan pembuatan water filtering system. Sekretaris Desa Blang Pulo pun meminta agar alat tersebut dapat langsung diimplementasikan di lapangan.

"Mengingat kurangnya ketersediaan air bersih di Desa Blang Pulo, sekdes meminta agar alat itu diimplementasikan, namun karena kondisi pandemi Covid-19 tidak memungkinkan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di lapangan,"tuturnya.

Acara pelatihan secara daring tersebut dilaksanakan pada Kamis (24/9/2020) lalu, yang dibuka ketua tim PKM-Pengabdian Kepada masyarakat, Farid Yoanda, dan turut dipandu oleh anggota lainnya, Wika Armadani, Jagad Wibisono, dan Khoirunnisa Al Fadhila Ritonga. Untuk materi disampaikan oleh Safriandi Damanik.[tmi]


Kirim Komentar