Rektor Unimal Sampaikan Pentingnya Sadar Wisata Dalam Pengembangan Wisata

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Unimal, Dr Herman Fithra Asean Eng ketika menjadi narasumber dalam kegiatan Bimtek Pendampingan Desa Wisata Regional 1A (Sumatera), Selasa (22/9/2020). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng menjadi  narasumber dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Desa Wisata Regional 1A (Sumatera) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ) bekerja sama dengan Unimal pada Selasa (22/9/2020) di Hotel  Lido Graha, Lhokseumawe.

Dalam kesempatan tersebut, Herman menyampaikan tentang pentingnya Sadar Wisata, yaitu  suatu konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu destinasi atau wilayah.

Pencapaian tujuan pembangunan pariwisata setidaknya memerlukan dua hal, yaitu 1)dukungan penciptaan iklim dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan, 2)dukungan peran dan partisipasi masyarakat dan stakeholders terkait dalam pengembangan pariwisata. 

“Saat ini diperlukan peran masyarakat sebagai pelaku atau wisatawan untuk mengenali potensi kepariwisataan guna menggerakkan mata rantai kepariwisataan di suatu tempat,” jelasnya.

Peran masyarakat dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata, melalui perwujudan unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan unsur kenangan.

“Jika masyarakat sudah memiliki sikap Sadar Wisata, maka akan dapat diwujudkan Sapta Pesona sebagai kearifan lokal masyarakat,” pungkas Herman.[ryn]


Kirim Komentar