Unimal Berikan Pelatihan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa

SHARE:  

Humas Unimal
Para calon dosen pendamping berfoto bersama narasumber seusai Workshop dan Training of Trainer (ToT) penulisan proposal PKM di aula Cut Meutia Kampus Unimal Bukit Indah, Lhokseumawe, Selasa (3/11/2020). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh memiliki target meloloskan lebih banyak lagi Proposal Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk tahun 2021. Pada 2020 ini, Unimal berhasil meloloskan 11 judul PKM yang mendapat pendanaan  hibah dari Kemendikbud, dua diantaranya berhasil lolos untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang akan dilangsungkan 24-29 November 2020.

Untuk mencapai target tersebut, Universitas Malikussaleh menggelar Workshop dan Training of Trainer (ToT) penulisan proposal PKM untuk pendanaan 2021 selama tiga hari, Minggu hingga Selasa (1-3/11/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di aula Cut Meutia Kampus Unimal Bukit Indah itu dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Baidhawi. Dalam sambutannya, Baidhawi menyebutkan tujuan workshop ini untuk memberikan keterampilan menulis proposal dan memotivasi mahasiswa agar lebih aktif dan inovatif dalam PKM dan ini juga merupakan bagian dari program Kampus Merdeka.

“Silahkan gunakan kesempatan ini dengan baik dalam rangka melatih diri sendiri dalam menunjukkan kreatifitas yang baik, sehingga nanti akan membantu dalam pengerjaan tugas akhir dikarenakan soft skill menulis sudah ada,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PKM Center Unimal, Dr M Sayuti mengatakan bahwa kegiatan pada hari pertama dilaksanakan secara daring, diikuti oleh 470 mahasiswa melalui aplikasi Zoom. Pada hari kedua dan ketiga dilaksanakan secara luring, yang dikhususkan untuk dosen calon pendamping.

Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Sukinah MPd dari Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan reviewer nasional serta dewan juri PIMNAS 2019 dan Muhammad MT yang merupakan reviewer nasional berasal dari Unimal.

“Tahun ini akan kita usulkan proposal penuh  sesuai dengan klaster kemahasiswaan yang akan diumumkan nantinya. November ini kita melakukan pembinaan bagi semua mahasiswa pengusul proposal PKM, dilanjutkan pada Desember  proses pengajuan melalui sistem PKM ke Pusat Prestasi Mahasiswa Kemendikbud,” pungkas Sayuti.[ryn]


Kirim Komentar