Kuliah Umum Prodi Teknik Material Bahas Tantangan Studi Rekayasa

SHARE:  

Humas Unimal
Kuliah Umum Prodi Teknik Material Unimal yang dilaksanakan secara daring beberapa waktu lalu. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Program Studi Teknik Material Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh menggelar kuliah umum bertemakan “Peluang dan Tantangan Ilmu Rekayasa Material di Era Revolusi Industri 4.0” beberapa waktu lalu. Kegiatan ini menghadirkan Dr Iskandar Muda dari Jurusan Teknik Metalurgi Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung, sebagai narasumber.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Unimal, Dr Muhammad dan dimoderatori oleh Dr Rozanna Dewi.

Dalam rilis yang diterima oleh Unimalnews, Selasa (10/11/2020), Ketua Jurusan Teknik Material Unimal, Dr Zulnazri menyebutkan bahwa tujuan pelaksanaan kuliah umum ini adalah untuk meningkatkan kompetensi bagi mahasiswa. “Seharusnya kegiatan ini kita laksanakan secara luring, namun dikarenakan masih dalam suasana pandemi, dilaksanakan secara daring saja,” ujarnya.

Dr Iskandar Muda dalam paparan materinya menyampaikan bahwa saat ini berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital sebagai wahana interaksi dan transaksi.” Rekayasa mikroelektronik, telekomunikasi, dan teknik komputer bergabung menjadi kekuatan baru yang memicu revolusi informasi di mana tugas-tugas intelektual semakin dikurangi dengan mesin. Era jaringan internet telah mengubah banyak sistem informasi menjadi berbasis web,” jelasnya.

Selanjutnya, menurut Iskandar, mengutip dari US Department of Labor report, secara global era digitalisasi akan menghilangkan sekitar 1 – 1,5 miliar pekerjaan sepanjang tahun 2020-2025 karena digantikannya posisi manusia dengan mesin otomatis dan diestimasi bahwa pada masa yang akan datang, 65% murid sekolah dasar di dunia akan bekerja pada pekerjaan yang belum pernah ada di hari ini, pungkasnya.[ryn]


Kirim Komentar