Ingin Jadi Public Speaker yang Handal, Ini Tips dari Imam Priyono

SHARE:  

Humas Unimal
Imam Priyono ketika menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinasi Keprotokolan PTN dan LL DIKTI Wilayah Barat di Jakarta, Kamis (13/11/2020). Foto; Riyandhi Praza

UNIMALNEWS | Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) menggelar Rapat Koordinasi Keprotokolan perguruan tinggi negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah Barat secara luring selama tiga hari, 11-13 November 2020 di Jakarta.

Terdapat 68 institusi yang mengikuti kegiatan tersebut. Masing-masing isntitusi diperkenankan mengirimkan peserta sebanyak dua orang. Unimal mengirimkan Kepala UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal, Teuku Kemal Fasya dan Sekretaris UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal, Riyandhi Praza.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Biro Umum  dan PBJ ini menghadirkan beberapa narasumber dalam kegiatan tersebut. Salah satunya adalah Imam Priyono, wartawan senior dan presenter di TVRI.

Imam yang menjadi salah seorang moderator dalam Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, didapuk untuk menyampaikan materi tentang Public Speaking.

Imam mengatakan bahwa banyak orang sukses berawal dari good speaker. “Kemampuan berbicara di depan umum berkembang dengan latihan dan praktik. Penyebab ketidakmampuan adanya rasa gugup akibat berbagai  rasa takut,”, jelasnya.

Untuk menjadi public speaker, ada empat elemen penting yang harus diperhatikan, yaitu memahami audiens, mempersiapkan materi, menyampaikan dengan yakin serta mengontrol lingkungan atau situasi, pungkasnya.[bas]


Kirim Komentar