Mahasiswa KKN 152 Manfaatkan Bahan Alami untuk Pembuatan Hand Sanitizer

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 152 Universitas Malikussaleh memanfaatkan bahan dasar alam (alami) yang ada di Desa Paya Demam Sa, kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, Jum'at (20/11/2020). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Idi - Mahasiswa KKN Kelompok 152 Universitas Malikussaleh memanfaatkan bahan dasar alam (alami) yang ada di Desa Paya Demam Sa, kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, Jum'at (20/11/2020). Bahan alami itu diolah untuk pembuatan hand sanitizer.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok tersebut yaitu Miftahul Jannah, Hesty Putri, Siti Rahma, Devi Susanti, Ramziati Piqqa, dan Safrina. Mereka semua dari Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) yang dibimbing oleh Dr Yuliana.

Ketua kelompok, Miftahul Jannah mengatakan, mereka melihat banyaknya potensi bahan alami yang dapat dikelola untuk diproses sebagai hand sanitizer di Desa Paya Demam Sa. Sedangkan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan hand sanitizer yaitu lidah buaya, daun sirih, lemon, alkohol, dan sedikit pewangi.

"Kami melakukan beberapa penelitian secara tradisional dalam melakukan pemrosesan bahan dasar hingga terwujud sebuah formulasi khusus dengan kegunaan layaknya hand sanitizer," katanya.

Menurutnya, meningkatnya data terdampak Covid-19 yang signifikan tentu berpengaruh pada kondisi kesehatan yang kurang efektif sehingga mahasiswa mengoptimalkan pembuatan hand sanitizer alami agar dapat dipergunakan secara kecukupan untuk mengantisipasi pencegahan bakteri-bakteri berbahaya lainnya.

"Diharapkan hand sanitizer yang dibuat ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," tutup Miftahul.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar