Mahasiswa KKN-BK 164 Presentasi Hasil Desain Wisata Pesisir Pantai kepada Masyarakat Ujong Blang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-BK Kelompok 164 Universitas Malikussaleh mempresentasikan desain wisata pesisir pantai dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) gampong di Aula Kantor Geuchik Gampong Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Kamis (19/11/2020). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe- Mahasiswa KKN-BK Kelompok 164 Universitas Malikussaleh mempresentasikan desain wisata pesisir pantai dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) gampong di Aula Kantor Geuchik Gampong Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Kamis (19/11/2020).

Mahasiswa yang bergabung dalam kelompok 164 yaitu Yuni Safara, Syafiqah Qamar, Khana Rekha Putri, Raihanum Mariah, dan Vira Nalita. Mereka semua dari Prodi Arsitektur yang dibimbing oleh Dr Zulnazri.

Kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPMG Lhokseumawe, Bukhari Msi, perwakilan Kecamatan Banda Sakti, Muniruddin MSM, dan seluruh perangkat Gampong Ujong Blang.

Ketua Kelompok, Yuni Safara mengatakan, melalui desain wisata pesisir pantai ini bisa membuka pikiran masyarakat untuk menciptakan kawasan wisata pesisir yang dapat memikat pengunjung sehingga meningkatkan perekonomian warga.

“Kami selaku mahasiswa KKN melihat Ujong Blang memiliki potensi wisata yang bagus, karena memiliki spot-spot menarik seperti  view matahari terbit (sunrise) juga matahari terbenam (sunset), tidak hanya itu, Ujong Blang juga memiliki pesisir pantai yang luas, serta air laut yang jernih,” katanya.

Geuchik gampong, Munir Tjut Ali mengatakan, dengan adanya program kerja dari Mahasiswa KKN-BK Unimal dapat membantu gampong dalam menjalankan perencanaan di tahun mendatang dalam Musrembang. Bentuk desain visualisasi  tiga dimensi (3D) dan animasi yang dipresentasikan mahasiswa, akan ditampung untuk penganggaran di tahun 2021.

“Saya pribadi sangat senang dengan program dari mahasiswa ini, karena ini sangat berguna untuk meningkatkan perekonomian warga Gampong dalam bidang wisata. Mengingat 90% warga gampong mendapat penghasilan dari laut Ujong Blang. Saya juga merekomendasikan kepada mahasiswa untuk memindahkan keramba apung yang berada disepanjang Krueng Kuala Mamplam ke lokasi yang tidak menghambat aliran sungai dengan tujuan sungai tetap bersih dan masyarakat juga tidak mengalami kerugian ketika terjadinya pasang surut,” ungkap Munir.

Ketua DPMG Lhokseumawe, Bukhari mengapresiasi semangat dan niat dari mahasiswa KKN Unimal untuk ide desain wisata pesisir pantai Ujong Blang yang ditampilkan pada hari ini.

"Desain ini bukan hanya impian, tetapi juga dapat kita terapkan dengan adanya kerjasama antara pemerintah desa dan masyarakat. Desain ini juga bertujuan agar ekonomi masyarakat Gampong Ujong Blang dapat menjadi lebih sejahtera," tuturnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr Zulnazri menyebutkan desain wisata pantai ini diharapkan bisa menjadi peluang untuk masyarakat dan pemerintah desa agar menciptakan wisata Ujong Blang menjadi desa wisata yang ramai diminati kelak oleh banyak kalangan.

“Dengan adanya penataan pantai Ujong Blang sebagai gampong wisata diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengunjung yang ramai. Semoga rancangan kawasan (Landscape) dengan model 3 dimensi beserta animasi visualisasi yang dibuat oleh mahasiswa ini dapat terwujud hendaknya,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar