KKN-BK MANDIRI 164 Lakukan Aksi Sosial Bagi Beras bagi Lansia dan Duafa

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Unimal memberikan bantuan kepada warga di Desa Hajoran, Sibolga. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Pandan - Abrar Fatary, mahasiswa KKN-BK Mandiri 164 bersama dengan Komunitas Sahabat Yatim Pedalaman telah melakukan survei mencari yatim, lansia, dan duafa di Desa Hajoran untuk disalurkan bantuan berupa beras kepada mereka.

Setelah melakukan survei, mereka mendapatkan hasil survei bahwa ada sekitar 35 orang yatim, lansia dan duafa di Desa Hajoran tersebut yang akan disalurkan bantuan beras kepada mereka. Sebagian besar mereka adalah Lansia yang masih bekerja seadanya dengan pendapatan yang mampu mencukupi untuk makan dan tempat tinggal. Kita melakukan kegiatan ini selama dua hari yaitu pada tanggal 15 s/d 16 November 2020.

"Saya tinggal di sini sudah sangat lama, mengontrak rumah hampir 30 tahunan. Keseharian saya mengambil  daun talas dan rumput untuk dijual sebagai makanan hewan ternak orang lain. Biasanya pendapatan sebulan saya sekitar Rp400 ribu, itu pun kadang tidak menetap. Rp200 ribu untuk membayarkan uang kontrakan rumah saya. Selebihnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari lainnya,"  ujar Bu Boru Pasaribu.

Melihat kondisi ibu tersebut mengingatkan kita selaku manusia untuk saling tolong menolong terhadap sesama. Adapun di sisi lain warga yang kita temui berdasarkan hasil survei lapangan juga memiliki kondisi rumah yang tidak layak huni, dan mereka banyak yang masih mengontrak tanah milik orang lain. Terkadang mereka tidak bisa membayar uang sewa tepat waktu, sehingga ada sebagian dari mereka yang hampir kena husir.

Banyak hal yang bisa kita ambil sebagai pelajaran hidup dari mereka. Salah satunya selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Mereka tak lagi memperdulikan apa kata kata menyakitkan dari orang dan tetap optimis dalam melangkah. Kemudian selalu berjuang dan berusaha sesulit apapun yang mereka hadapi agar dapat bertahan dalam menjalani kehidupannya.

Dosen Pembimbing Lapangan, Teuku Kemal Fasya MHum berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan semangat kepada mereka serta dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai volunteer melanjutkan kegiatan ini meskipun KKN telah berakhir. [ryn]


Kirim Komentar