Mahasiswa KKN 276 Manfaatkan Jeruk Nipis untuk Produksi Hand Sanitizer

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 276 membuat hand sanitizer berbahan dasar jeruk nipis bersama siswa SDN 7 Muara Batu, Aceh Utara. Foto:Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh Kelompok 276 membuat handsanitizer dengan bahan dasar jeruk nipis. Kegiatan ini merupakan salah satu program KKN Covid-19 yang telah dilaksanakan bersama siswa-siswi kelas enam SD Negeri 7 Muara Batu, Aceh Utara, beberapa waktu lalu sebelum masa KKN berakhir.

Kelompok 276 yang mengambil skema KKN Pencegahan Covid-19 dengan tema “Kesadaran dan Kepedulian terhadap Wabah Covid-19” diketuai oleh Irdayani (Pendidikan Matematika), dengan lima orang anggota yaitu Agus Tamara (Ilmu Politik), Ayu Wandira (Pendidikan Matematika), M. Ikram Firdaus (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin), Nurminawati (Teknik Sipil), dan Rusydina Sabila (Psikologi). Kelompok ini dibimbing oleh Mukhlis Muhammad Nur MA sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL).

Hand sanitizer tersebut terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat, seperti jeruk nipis, alkohol 70%, dan air matang. Siswa-siswi  sangat antusias dengan kegiatan ini dan mereka dengan seksama memperhatikan tahap demi tahap pembuatan hand sanitizer. Sebelum meracik hand sanitizer, mahasiswa KKN dan salah satu siswa mempraktikkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar di depan kelas.

Irdayani selaku ketua kelompok menyebutkan bahwa hand sanitizer atau pembersih tangan sangat dibutuhkan di masa pandemi saat ini.  “Cairan pembersih tangan ini sangat dibutuhkan untuk mensterilkan tangan dalam mencegah penyebaran virus Corona. Selain itu, pemerintah juga telah mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan menggunakan masker,” ujar Irdayani. 

Para guru SDN 7 Muara Batu sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah melaksanakan kegiatan pembuatan hand sanitizer. Di akhir kegiatan, mahasiswa membagikan hand sanitizer dan masker gratis kepada siswa dan guru.[kur]


Berita Lainnya

Kirim Komentar