Sehat dan Hemat, Mahasiswa KKN -BK 149 Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan 

SHARE:  

Humas Unimal
Wahyudi Arianto, mahasiswa KKN BK Unimal, mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan di Desa Pematang Kasih, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.Foto:Ist

UNIMALNEWS | Sei Rampah – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan skema Balik Kampung (BK), mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan di Desa Pematang Kasih, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.


Kegiatan kampanye pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis tanaman sayuran ini dilakukan oleh Mahasiswa KKN-BK perorangan 149, Wahyudi Arianto dari Program Studi Agribisnis, beberapa waktu lalu. Program ini diharapkan dapat berdampak jangka panjang, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan khususnya sayur-sayuran dari lahan pekarangan mereka sendiri. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi hobi baru yang bermanfaat bagi masyarakat terlebih lagi disaat kondisi pandemi saat ini.  


Jenis tanaman sayuran yang direkomendasikan untuk ditanam dengan menggunakan media polybag di lahan pekarangan rumah warga ialah seperti kangkung, sawi, bayam, dan seledri. “Jenis sayuran ini tidak sulit merawatnya dan umur panennya cepat sehingga lebih mudah untuk ditanam oleh warga. Selain itu,  perawatannya juga tanpa harus memiliki keahlian khusus,” ujar Wahyudi kepada Unimalnews, Jum’at (20/11/2020).


Mahasiswa KKN-BK perorangan 149 ini dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL), Salamah Msi. “Sebagai dosen pembimbing lapangan, saya berharap program KKN yang terlaksana dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat,” ujar Salamah.[kur]


 


Berita Lainnya

Kirim Komentar