Lakukan Pengabdian, Dosen FISIP Unimal Beri Pelatihan Merangkai “Peuneuba Ranub”

SHARE:  

Humas Unimal
Rangkaian daun sirih "Peuneuba Ranup" yang dihasilkan oleh ibu-ibu PKK di gampong Blang Pulo dalam pelatihan yang diberikan oleh dosen FISIP Unimal. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Tiga orang dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh dibantu oleh beberapa mahasiswa melakukan pengabdian kepada Ibu-ibu PKK  di Gampong Blang Pulo Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Para dosen itu adalah, Sufi MAP, Lisa Iryani MAP dan Cut Sukmawati MSi. Pengabdian yang dilakukan berupa pelatihan merangkai daun sirih (Peuneuba Ranub)  yang digunakan dalam prosesi adat perkawinan masyarakat Aceh.

Ketua Tim Pengabdian, Sufi, dalam rilisnya kepada Unimalnews, Selasa (24/11/2020) mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan skill dan kemampuan masyarakat, khususnya kaum ibu dalam merangkai daun sirih. “Saat ini kemampuan merangkai Peuneuba Ranub sudah mulai hilang dari masyarakat Aceh, sehingga perlu kita hidupkan kembali,“ jelasnya.

Rangkaian daun sirih saat ini mempunyai harga jual yang cukup beragam, berkisar antara Rp.200.000 hingga Rp.750.000. “Bila ditekuni dengan baik, kemampuan merangkai daun sirih ini bisa dijadikan sebagai usaha yang dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga dan masyarakat,” Ujar Sufi.

Sementara itu, anggota kelompok lainnya, Lisa Iryani, mengungkapkan bahwa sebelumnya pernah dilakukan pelatihan merangkai buah-buahan yang juga digunakan dalam prosesi “hantaran” dalam pesta perkwainan di Aceh. “Merangkai daun sirih ini merupakan salah satu upaya meningkatkan perekonomian warga berbasiskan potensi lokal (local wisdom),” pungkasnya.[ryn]


Kirim Komentar