Dosen FISIP Unimal Berikan Empat Ekor Indukan Kambing dalam Pengabdian

SHARE:  

Humas Unimal
Subhani MSi (kiri) memberikan indukan kambing dalam pengabdian yang dilaksanakan di Gampong Panton Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon  – Tiga orang dosen Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh memberikan empat ekor indukan kambing dalam pengabdian yang mereka lakukan. Pengabdian tersebut dilakukan kepada Kelompok Tani Baroena di  Gampong Panton Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara.

Para dosen yang melaksanakan pengabdian itu adalah Subhani MSi, Awaluddin Arifin MIkom, dan Rizki Yunanda MSi.

Dalam rilisnya kepada Unimalnews, Sabtu, (28/11/2020), Ketua Tim Pengabdian, Subhani, menyebutkan pengabdian yang dilakukan didasari masih minimnya para peternak melakukan manajemen  yang baik dalam melaksanakan usaha ternaknya. “Kambing merupakan  salah satu sumber daya lokal yang memiliki ekonomis tinggi. Banyaknya permintaan menjadikan para peternak mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan pasar,” ujarnya.

Pengabdian yang dilakukan tidak hanya sebatas memberikan indukan kambing saja, namun juga memberikan bekal manajemen dalam melaksanakan budi daya kambing, meliputi; pemilihan bakalan (indukan) yang baik, aspek penggunaan tanaman lamtaro sebagai pakan, sanitasi kandang yang baik, dan memberikan informasi tentang penyakit dan cara pencegahannya.

“Dalam kesempatan ini kami juga memberikan sarana dan prasarana pendukung kepada peternak berupa perbaikan kandang yang sesuai dengan standar  sanitasi,” ujar Anggota Kelompok, Awaluddin Ariifin.

Dekan FISIP Unimal, Dr Nazaruddin, berharap dengan kegiatan pengabdian ini bisa membantu petani  dalam meningkatkan produktivitas ternak  yang mereka lakukan. [ryn]


Kirim Komentar