Balai Jasa Kontruksi Banda Aceh Latih Mahasiswa dan Alumni Teknik Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Pembukaan Pelaksanaan Fasilitasi Uji Kompetensi yang dilaksanakan oleh Balai lai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh yang diikuti oleh mahasiswa dan alumni Teknik Unimal beberapa waktu lalu. Foto; Ist

UNIMALNEWS I Lhokseumawe – Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh menggandeng Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh untuk memberikan pelatihan penguatan soft skill konstruksi kepada para mahasiswa dan alumni Fakultas Teknik. Ini merupakan tindak lanjut dari penjajakan kerja sama yang sudah dilakukan oleh FT Unimal beberapa waktu lalu.

Dalam rilis yang diterima oleh Unimalnews, Pembantu Dekan Bidang Akademik FT Unimal, Dr Rinaldi  Misra, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kompetensi kepada alumni Teknik Unimal, khususnya Jurusan Teknik Sipil.

Tujuan kegiatan ini adalah menciptakan pekerja konstruksi yang memiliki kompetensi sesuai jabatan kerja yang dimiliki, menyiapkan tenaga kerja konstruksi terampil dengan batas kompetensi standar minimal yang harus dipenuhi sesuai mandat Undang - Undang  Jasa  Konstruksi  No. 02 Tahun 2017.” terangnya.

Undang-Undang Nomor 02 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, pasal 70 ayat (1) menyebutkan bahwa setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja. Untuk mendukung tersedianya pekerja konstruksi yang bersertifikat, salah satunya dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan dan uji sertifikasi keterampilan ataupun keahlian bidang konstruksi guna terlaksananya peningkatan SDM jasa konstruksi.

Sementara itu, secara terpisah, Dekan Fakultas Teknik Unimal, Dr Muhammad, mengatakan bahwa sertifikat kompetensi ini sangat diperlukan sebagai pendamping ijazah bagi para lulusan. “Sertifikat ini memberikan legalitas kepada tenaga kerja yang bekerja di bidang konstruksi,” pungkasnya.[ryn]

Baca Juga; FT Unimal Jajaki Kerja Sama dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh


Kirim Komentar