Ini Pengabdian Dosen Prodi Agroekoteknologi Unimal kepada Masyarakat

SHARE:  

Humas Unimal
Pengabdian dosen Prodi Agroekoteknologi Unimal di Gampong Blang Nibong Kecamatan Samudra Kabupaten Aceh Utara, Rabu (2/12/2020). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Sejumlah dosen Prodi Agroekoteknologi Universitas Malikussaleh (Unimal) memperkenalkan tanaman sorgum beserta keutamaannya kepada masyarakat di Gampong Blang Nibong Kecamatan Samudra Kabupaten Aceh Utara, Rabu (2/12/2020).

Pengabdian yang bertemakan “Pengolahan Sorgum Sebagai Pangan Alternatif dan Sumber Energi Terbarukan untuk Kemandirian Pangan dan Energi di Masa Pandemi” itu dilakukan oleh empat orang dosen Prodi Agroekoteknologi. Mereka adalah Khaidir MSi, Dr Hafifah, Usnawiyah MP, dan Hendrival MP.

Menurut Ketua Tim Pengabdian, Khaidir, sorgum merupakan salah satu tanaman yang berpotensi sebagai sumber pangan dan energi alternatif. “Sorgum bisa dijadikan sumber bahan pangan yang mendukung program diversifikasi dan swasembada pangan nasional. Tepung atau bubuk sorgum dapat digunakan sebagai bahan adonan untuk pembuatan kue seperti brownis kukus, bumbu tahu krispi, bolu, maupun nagasari,” terangnya.

Selain sebagai sumber bahan pangan, tanaman sorgum juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan bioenergi, misalnya bioetanol. “Kandungan karbohidrat, baik pada nira maupun biji sorgum dapat digunakan atau dikonversi menjadi bioetanol melalui proses fermentasi dengan menggunakan ragi atau “pemeraman”(istilah umum di masyarakat pembuat tapai),” ucap salah seorang anggota tim, Hendrival.

Usnawiyah, anggota kelompok lainnya, mengatakan bahwa pengabdian ini dapat memberikan pengetahuan pada masyarakat tentang sumber bahan karbohidrat selain beras; menjadi wadah pelatihan soft skill petani dan masyarakat dalam proses pengolahan sorgum menjadi tepung atau produk olahan bahan makanan, dan menjadi wadah pelatihan soft skill petani dan masyarakat  dalam proses pengolahan sorgum menjadi bioetanol sebagai sumber bahan bakar alternatif.

Kegiatan itu juga diikuti oleh beberapa mahasiswa Fakultas Pertanian Unimal dan juga dua dosen Prodi Agroekoteknologi lainnya lainnya, yaitu Muhammad Yusuf N MP dan Zurrahmi Wirda MP.

 


Kirim Komentar