Lakukan Pengabdian, Dosen FEB Unimal Berikan Penyuluhan Mengelola Ternak

SHARE:  

Humas Unimal
Hendra Raza, anggota pengabdian sedang menyerahkan kenang-kenangan kepada tokoh masyarakat Gampong Paya Gaboh, Aceh Utara. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Dua orang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh, Ikhyanuddin MAcc dan Dr Hendra Raza memberikan penyuluhan pengelolaan peternakan kambing yang efisien dengan kearifan lokal, di meunasah Gampong Paya Gaboh, Aceh Utara, Rabu (2/11/2020)

Dalam rilisnya kepada Unimalnews, Ikhyanuddin, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan karena mayoritas penduduk  di daerah itu adalah peternak kambing dan lembu, Sementara itu, baru-baru ini diberlakukan Qanun Gampong  Nomor 1/10/2020 tentang Larangan Pelepasan Hewan Ternak  yang salah satu isinya, jika melanggar akan dikenakan denda.

Pemberlakukan qanun itu sedikit menyulitkan peternak dalam mendapatkan pakan, karena selama ini para peternak biasa melepaskan hewan peliharaannya untuk kebutuhan pakan".

Ikhyanuddin dalam kegiatan itu  menawarkan solusi berupa teknologi tepat guna yaitu teknik pembuatan pakan fermentasi yang bertahan selama satu bulan. “Tujuan pemberian pakan fermentasi itu adalah memaksimumkan pengawetan kandungan nutrisi yang tersedia pada makanan hijauan atau bahan pakan ternak lainnya, supaya bisa disimpan dalam kurun waktu yang lama,” ujarnya.

Hendra Raza, berharap pengabdian yang mereka lakukan bisa memberikan efek positif bagi kualitas daging ternak sehingga bisa meningkatkan nilai jual dari ternak itu nantinya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Paya Gaboh, Tgk Syaukani bin Tam menyambut baik pengabdian yang dilakukan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unimal tersebut. “Informasi yang disampaikan ini merupakan hal yang dapat menjadi solusi bagi kami dalah hal pemenuhan bahan makanan bagi hewan ternak kami,” tutupnya


Kirim Komentar