Bantu Nelayan, Ini yang Dilakukan Kelompok KKN 329

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 329 sedang mengangkat ikan asin untuk dijemur. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah pinggir laut menjadikan mahasiswa Universitas Malikussaleh membuat program pengabdian yang ditujukan untuk membantu para nelayan. Hal tersebut dilakukan oleh Kelompok 329 yang melaksanakan KKN di Gampong Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe.

Kelompok 329 yang beranggotakan lima orang mahasiswa ini, ikut membantu nelayan dalam mengolah ikan asin.

Kelima mahasiswa itu adalah Adil Vakhri (Ilmu Komunikasi), M Abimayu Bagas Wara Wijaya (Ilmu Komunikasi), Hasanah (Ilmu Komunikasi), Sri Wardani (Ilmu Komunikasi), dan Mei Bunga Novita Sari. Kelima mahasiswa ini mengambil skema KKN Balik Kampung (BK). Mereka  dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL), Riyandhi Praza MSi.

Membantu pengolahan ikan asin yang dilakukan oleh mahasiswa KKN itu, meliputi  menyusun ikan pada media yang digunakan untuk pengeringan dan kemudian mejemur ikan tersebut. “Penjemuran ikan dilakukan sekitar pukul 08.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan sinar matahari yang terik,” ujar Mei Bunga, salah satu anggota kelompok.

“Pemilik ikan asin mengarahkan para mahasiswa untuk mengangkat dan mengatur media yang digunakan sebagai wadah pengeringan ikan asin diatur sesuai pembatas.  Adapun pembatas yang mereka gunakan yaitu bambu kering yang juga berfungsi sebagai penyangga penjemuran ikan asin. Penjemuran ikan asin membutuhkan waktu tiga  sampai empat  hari agar ikan mengering dengan bagus dan bau amisnya berkurang,” jelas Mei.[bas]


Kirim Komentar