Himako Unimal Gelar Webinar Kenali Dirimu: Know Your Life And Your Dream

SHARE:  

Humas Unimal
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himako) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh menyelenggarakan webinar yang bertemakan “Kenali Dirimu : Know Your Life And Your Dream” secara daring melalui Google Meet, Minggu (20/12/2020). Foto: Ist

UNIMSLNEWS | Lhokseumawe - Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himako) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh menyelenggarakan webinar yang bertemakan “Kenali Dirimu : Know Your Life And Your Dream”  secara daring melalui Google Meet, Minggu (20/12/2020).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 78 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dengan narasumber diantaranya dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Dwi Fitri Ma, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Kamaruddin MSi, dan dosen Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, Zahra Nelissa MEd.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Kamaruddin menjelaskan, yang harus dipersiapkan dalam komunikasi intrapersonal dalam melahirkan kepribadian yang oke dan melahirkan individu yang bagus itu harus ada kejujuran. Selain itu adanya level kemampuan dalam berkomunikasi.

"Orang berhasil bukan hanya dapat dilihat dari kemampuannya saja tetapi terdapat tiga elemen yaitu adanya intelektualitas,adanya pengalaman,adanya kontrol emosional dan kepribadian yang kokoh,” katanya.

kemudian, dosen Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, Zahra Nelissa memaparkan, bahwa “Quarter Life Crisis atau masa dimana keadaan emosional yang dialami penuh kebingungan,cemas,dan khawatir akan sesuatu, yang memiliki ciri-ciri yaitu Clueless (tidak mengerti), terlalu banyak pilihan, indecisive (bimbang), hopeless (pasrah), dan cemas.

"Ciri- ciri tersebut merupakan hal-hal ketidakseimbangan yang sering terjadi. faktor penyebabnya yaitu Ideal self dengan Real self.maka dari itu,kenali jati diri kalian dengan mencari tahu tentang kelebihan yang dimiliki oleh diri sendiri," sebutnya.

Sementara, dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh, Dwi Fitri memberikan solusi dalam perspektif interpersonal dalam mengenali jati diri kita (solutions for quarter life crisis) yaitu kenali jati diri sendiri,lalu berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain, jangan memendam segalanya sendiri,dan menyusun rencana hidup.

“Anda boleh berteman dengan siapapun tapi  harus tahu tujuan hidup anda,” imbuhnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar