Tiga Hasil Riset Dosen Teknik Unimal Berpeluang Dipatenkan

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, Saifuddin Muhammad Jalil ketika mengikuti pelatihan Kemenristek Dikti di Medan, Sumatera Utara, 24-26 April 2019. Foto: IST.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Tiga hasil riset dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh berpeluang mendapatkan paten setelah dinyatakan lolos oleh Kemenristekdikti. Ketiga dosen mendapatkan pelatihan pemanfaatan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Medan pada 24 – 26 April 2019.

Ketiga dosen tersebut adalah Saifuddin Muhammad Jalil MSc dan Misbahul Jannah dari Jurusan Teknik Elektro serta Dr Suryati dari Jurusan Teknik Kimia. Hasil penelitian ketiganya berpeluang besar mendapatkan paten dengan biaya dari Kemenristekdikti.

Saifuddin menyebutkan, penelitiannya tentang pengeringan biji kopi dengan solar cell untuk optimalisasi penyerapan tenaga surya sangat ramah lingkungan. Penelitian itulah yang sekarang diharapkannya bisa mendapatkan paten. “Hasil penelitian ini akan sangat membantu petani kopi,” ungkap Saifuddin yang dihubungi per telepon, Rabu (24/4/2019).

Sedangkan penelitian Misbahul Jannah tentang penggunaan filter single tuned untuk memperkecil harmonisa yang ditimbulkan oleh beban nonlinier pada transformator 400 kilo volt ampere.  Penelitian ketiga dari Suryati mengenai bioscaffold kitosan alginat untuk aplikasi rekayasa jaringan.

“Kami mengharapkan ketiga penelitian ini bisa mendapatkan paten untuk melengkapi beberapa paten yang sebelumnya sudah didapatkan dari penelitian dosen di Unimal,” pungkas Saifuddin.[ayi]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar