Mengenal "Rasigo Clean" Sabun Cair Buatan Mahasiswa KKN Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 12 memperlihatkan sabun cair hasil produksi mereka. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Sejumlah mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di  Gampong Paloh Punti Kecamatan Muara Satu Kabupaten Aceh Utara memproduksi sabun cair yang bisa digunakan untuk keperluan mencuci baju. Sabun cair yang diberi nama “Rasigo Clean” itu dipraktikkan cara pembuatannya di meunasah gampong.

Para mahasiswa yang memilih skema KKN Membangun Kampung (MK) ini tergabung ke dalam  Kelompok 12. Mereka terdiri dari 10 orang yaitu  Mukhtar Efendi, Adita Aulia,  Nuri Yulianti yang berasal dari Pendidikan Vokasional Teknik Mesin; Saryati,  Rahma Wati, Busyraturrahi, dan Azizah  berasal dari Pendidikan Kimia; Muhammad Naufal dan Khairil Anwar dari Prodi Teknik Sipil serta Ramazan dari Prodi Teknik Mesin.

Kelompok 12 ini dalam melaksanakan KKN dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Muhammad Nasir.

 Praktik pembuatan sabun cair ini dilakukan pada Kamis (8/7/2021). Kegiatan tersebut dihadiri oleh warga yang didominasi oleh ibu-ibu. “Kita mempraktikkan tahapan proses pembuatan Rasigo Clean secara langsung hingga sebelum difermentasikan kepada warga. Namun sabun cair tersebut baru bisa digunakan setelah difermentasikan selama 1x24 jam,” terang Mukhtar Effendi, salah seorang anggota KKN.

Sabun cair ini dihasilkan dari pencampuran bahan-bahan garam(NaCl), pelembut (texapon), larutan seres (sodium hidroxide), pengawet( Edta), pewangi, pewarna dan air. Proses membuatnya juga sangat mudah. “Kita berharap para ibu-ibu di gampong ini tidak perlu lagi membeli sabun untuk keperluan mencuci baju karena sudah mambu membuatnya sendiri,” pungkas Mukhtar.


Kirim Komentar