91 Mahasiswa Unimal Ikut Kampus Mengajar di 57 Kota

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Universitas Malikussaleh bersama mahasiswa dari kampus lain mengikuti program Indonesia Mengajar 2 yang dimulai 2 Agustus sampai 17 Desember 2021 mendatang. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Sebanyak 91 mahasiswa Universitas Malikussaleh lulus program Kampus Mengajar 2021 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Mereka ditempatkan di 57 kota yang tersebar di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah.   

Koordinator Kampus Mengajar 2 Universitas Malikussaleh, Prof Dr M Sayuti menyebutkan, jumlah mahasiswa yang lulus program Kampus Mengajar kali ini turun menjadi 91 mahasiswa. “Tahun lalu ada 108 mahasiswa,” ungkapnya, Rabu (4/8/2021).

Untuk Provinsi Aceh, mahasiswa Universitas Malikussaleh antara lain ditempatkan di Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Tamiang, Bireuen, Aceh Selatan, Aceh Tengah, Aceh Besar, Aceh Singkil, Gayo Lues, Kota Langsa, Nagan Raya, dan Simeulue. “Jumlah mahasiswa Unimal yang ditempatkan di Aceh sebanyak 57 mahasiswa dari berbagai program studi,” tambah Prof Sayuti.

Sedangkan untuk luar Aceh, sebanyak 32 mahasiswa ditempatkan di berbagai daerah di Sumatera Utara seperti Langkat, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar, Simalungun, Labuhan Batu Selatan, Batubara, Deli Serdang, Kota Medan, Kota Sibolga, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Serdang Bedagai, dan Tapanuli Selatan. Dua mahasiswa lainnya ditempatkan di Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat dan Pati Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai Koordinator Program Kampus Mengajar di Universitas Malikussaleh, Prof Sayuti mengharapkan mahasiswa mampu membantu guru dan kepala sekolah, di samping menyerap pengalaman berinteraksi dengan pelajar, guru, dan masyarakat sekitar. Secara disiplin ilmu, Sayuti mengakui banyak yang tidak sejalan dengan program studi masing-masing. “Tapi diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman literasi dan numerasi selama pandemi,” pungkasnya.

Para peserta Kampus Mengajar yang lolos dalam program tersebut sudah mengikuti seleksi di Kementerian Pendidikan sejak 1 – 19 Juli lalu dan kemudian mengikuti pembekalan sejak 22 – 30 Juli 2021. Para mahasiswa akan berada di lokasi mengajar sejak 2 Agustus sampai 17 Desember 2021 mendatang. [ayi]


Kirim Komentar