Program Desa Binaan, Kegiatan Pengabdian Himatemia Unimal.

SHARE:  

Humas Unimal
MAHASISWA yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatemia) Universitas Malikussaleh berfoto bersama dengan anak-anak usia sekolah di depan rumah baca di desa Alue Meuh , gampong Gunci, kecamatan Sawang (28/4/2019)

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Malikussaleh, melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatemia) melaksanakan kegiatan pengabdian berupa bina desa yang berlokasi di dusun Alue Meuh , gampong Gunci, kecamatan  Sawang.  Kegiatan desa binaan ini merupakan salah satu program kerja unggulan dari Himatemia Unimal.

Ketua Umum Himatemia Muhammad Fazlunnazar menyampaikan bahwa Desa binaan ini bertujuan untuk mewujudkan peran mahasiswa sebagai  agen perubahanan sosial untuk meningkatan kualitas Sumber daya manusia yang ada di desa tersebut. Masih kurangnya kualitas sumberdaya yang dimiliki di desa ini terlihat dari masih banyaknya jumlah warga desa yang taraf hidupnya belum sejahtera. Nazar berharap dengan mengadakan kegiatan bina desa di gampong ini Himatemia bisa memberikan perubahan yang berarti bagi masyarakat.

Kegiatan bina desa ini dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 April 2019. Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan menurut Ketua Panitia Adria Jondra atau yang akrab disapa Aje ini ada beberapa, diantaranya membantu warga mengolah kulit pinang menjadi keset kaki sehingga keset kaki yang dihasilkan tersebut bisa dijual dan mempunyai nilai ekonomis. Selain dari pada mengolah kulit pinang, kegiatan yang juga dilakukan adalah memperkenalkan cara membuat sabun cuci piring kepada masyarakat.  Sabun cuci piring yang dihasilkan ini apabila dibandingkan dengan harga sabun cuci piring yang ada jauh lebih murah.

Kegiatan lainnya yang juga menjadi bagian dari program desa binaan ini adalah membuat rumah baca sekaligus meelakukan renovasi sebuah TK yang ada di gampong tersebut. Hal ini bertujuan agar anak-anak usia TK disana bisa belajar lebih semangat lagi. Untuk rumah baca yang dibuat, ini kami lakukan dengan tujuan meningkatkan minat membaca agar anak-anak usia sekolah di gampong ini, ujar Aje.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar