Expo Gampong, Mahasiswa KKN Berikan Manfaat Bagi Kemandirian Gampong

SHARE:  

Humas Unimal
Foto Pembukaan Kegiatan Expo Gampong Kecamatan Muara Batu yang diprakarsai oleh mahasiswa KKN Unimal (27/4/2019)

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Pelaksanaan KKN Universitas Malikussaleh tahun 2019 memang sudah berakhir pada tanggal 2 Mei 2019 yang ditandai dengan penarikan mahasiswa dari lokasi KKN. Namun cerita akan hadirnya mahasiswa pada lokasi KKN tidak langsung berakhir. Satu diantaranya adalah dari pelaksanaan Expo Gampong yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara.

Expo Gampong yang melibatkan 24 kelompok KKN di Kecamatan Muara Batu ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019 di lapangan Gampong Menasah Lhok. Expo ini menampilkan inovasi dari tiap-tiap gampong yang ada di Kecamatan Muara Batu.

Inovasi yang ditampilkan adalah inovasi berbasis potensi gampong, sehingga expo tersebut berhasil menampilkan berbagai variasi produk yang inovatif yang disosialisasikan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan. Banyaknya aneka produk baik kerajinan maupun kuliner yang ditampilkan berhasil membuat para pengunjung berbelanja dalam kegiatan expo tersebut.

Ketua Panitia Expo Gampong yang berasal dari mahasiswa KKN Ahmad Amin menyampaikan rasa senang dan bahagia melihat tingginya animo masyarakat untuk hadir dalam kegiatan expo tersebut. Kegiatan yang tujuannya adalah untuk menggali potensi masyarakat pada masing-masing gampong sepertinya membuahkan hasil, sehingga kemadirian gampong ke depannya tidak hanya sebatas angan-angan saja.

Camat Kecamatan Muara Batu  Bapak Andri, M.Kesos yang membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa peserta KKN Universitas Malikussaleh karena telah mampu memberikan makna akan hadirnya pada gampong yang ada di Kecamatan Muara Batu. Kehadiran mahasiswa ditengah masyarakat harus menjadi awal dari tergeraknya aktifitas usaha mikro dengan langkah awal yaitu mendata secara objektif potensi inovasi yang ada di seluruh gampong di Muara Batu, untuk selanjutnya langsung dikelola oleh masing-masing gampong untuk menghidupkan perekonomian masyarakat dan gampong ujar Andri.[ryn]


Kirim Komentar