Kaprodi Magister Teknologi Informasi Unimal Sampaikan Ini dalam Seminar Nasional UII

SHARE:  

Humas Unimal
Dr Dahlan Abdullah, Kaprodi Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Universitas Islam Indonesia (UII) sukses menggelar kegiatan Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Rabu (13/10/2021). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring itu mengambil tema “Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Berkesinambungan dan Berorientasi Layanan”.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor UII, Prof Fathul Wahid PhD. Dalam sambutannya, Prof Fathul menyampaikan tentang Teknologi informasi dan komunikasi yang sangat berperan dalam berbagai aspek pada saat ini.

“Peranan Teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini sudah dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai e-commerce yang mana cakupannya lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dan lainnya. Namun beragam ancaman kemanan juga mengintai, sehingga keamanan e-commerce sangat dibutuhkan juga,” ucapnya.

Seminar itu menghadirkan dua orang narasumber yakni Dr Dahlan Abdullah Asean Eng, Ketua Prodi Magister Teknologi Informasi dan Dr Yudi Prayudi, Kepala Pusat Studi Forensik Digital UII.

Dalam paparannya, Dahlan menyampaikan bahwa hadirnya IT saat ini telah banyak menjadikan perubahan dalam sikap dan berperilaku manusia pada saat ini. “Dunia serba online dan dunia dalam genggaman melalui smartphone benar-benar terjadi saat ini. Lihat saja saat ini, pendidikan sudah online, pertemuan (kopi darat) melalui aplikasi media sosial, serta belanja sudah marak dilakukan secara online yang bisa dilihat dari bermunculannya berbagai situs elektronik komersial,” terangnya.

Selanjutnya, Dahlan juga mengatakan bahwa kemajuan teknologi saat ini harus didukung dua hal penting yaitu infrastruktur dan sumber daya manusia. “Perubahan teknologi yang begitu cepat mengharuskan kita bisa menyesuaikan dengan keadaan saat ini,” pungkasnya. [ryn]


Kirim Komentar