Rektor Unimal Lantik 20 Ketua Jurusan dan 46 Kaprodi

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor memberikan arahan saat pelantikan pejabat di lingkungan Universitas Malikussaleh. Foto; Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Bukit Indah – Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng kembali melantik sejumlah pejabat di kampus tersebut pada Selasa (19/10/2021). Kali ini, sebanyak 86 orang yang dilantik, terdiri dari 20 orang Ketua Jurusan, 20 orang Sekretaris Jurusan, dan 46 Ketua Prodi. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Cut Meutia Kampus Unimal Bukit Indah ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Pelantikan ini dilaksanakan karena adanya Permendikbudristek RI Nomor 24 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Malikussaleh,” terang Rektor.

Saat ini, Unimal memiliki 46 program studi yang tergabung ke dalam 20 Jurusan dan tujuh fakultas. Fakultas Teknik merupakan fakultas yang memiliki jumlah jurusan dan program studi terbanyak, yakni enam jurusan dan 13 prodi, diikuti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang memiliki tiga jurusan dan delapan prodi. 

Selanjutnya, Fakultas Pertanian memiliki tiga jurusan dan enam prodi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki dua jurusan dan lima prodi, Fakultas Kedokteran mempunyai dua jurusan dan empat program studi, serta Fakultas Hukum memiliki dua prodi yang bernaung dalam satu jurusan.

Adapun 20 Jurusan yang dimiliki Unimal saat ini adalah Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Kimia dan Jurusan Informatika yang berada di bawah Fakultas Teknik. Tiga jurusan di FEB adalah Jurusan Manajemen, Jurusan Ekonomi Pembangunan, serta Jurusan Akuntansi dan Bisnis. Selanjutnya, jurusan di FISIP adalah Jurusan Antropologi dan Sosiologi, Jurusan Politik dan Informatika, serta Jurusan Administrasi.

Jurusan yang ada di Fakultas Pertanian yaitu Jurusan Agribisnis, Jurusan Budi Daya Pertanian serta Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan. Dua jurusan di FKIP adalah Jurusan Pendidikan Ilmu Alam dan Jurusan Pendidikan Ilmu Terapan. Jurusan di Fakultas Kedokteran adalah Jurusan Kedokeran dan Jurusan Psikologi. Sedangkan Fakultas Hukum hanya memiliki Jurusan Ilmu Hukum.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa Unimal diberikan waktu tiga bulan sejak Permendikbudristek Nomor 24 Tahun 2021 diundangkan untuk menyesuaikan dengan OTK yang baru. “Sengaja kita lakukan pelantikan ketua jurusan, sekretaris jurusan, dan ketua prodi hari ini, agar semuanya bisa segera bekerja sesuai dengan aturan yang baru,” pungkas Rektor. [ryn]


Kirim Komentar