Rektor Unimal Tinjau Pelaksanaan Ujian SMMPTN 2019

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Unimal Dr Herman Fithra sedang meninjau proses ujian SMMPTN di ruang belajar FKIP, Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Rektor Universitas Malikussaleh Dr Herman Fithra yang didampingi Pembantu Rektor Bidang Akademik Jullimursyida PhD meninjau pelaksanaan ujian Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019 di Kampus utama Cot Tengku Nie Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Kamis (18/7/2019).

Pantauan Unimalnews, peninjauan itu diawali dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan sejumlah gedung belajar yang ada di Kampus tersebut.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Jullimursyida kepada Unimalnews menyebutkan data peserta ujian jalur mandiri di Unimal awalnya 871 calon mahasiswa. Namun yang tervalidasi hingga proses akhir pendaftaran dan ikut ujian adalah cuma 854 orang.

"Dari sejumlah mahasiswa yang ikut tersebut yang paling banyak peminatnya adalah Prodi Ilmu Kedokteran, dan Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik, dan prodi agroekoteknologi Fakultas Pertanian," katanya.

Sementara Rektor Unimal Dr Herman Fithra mengatakan SMMPTN itu dikelola oleh 15 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Wilayah Barat dan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri.

"Kelulusannya ditentukan berdasar hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-Barat,"jelas Herman.

Tambanya, untuk kelulusan calon mahasiswa SMMPTN tidak ada kewenangan dari kampus, dan itu ditentukan oleh pusat berdasar hasil ujian yang telah diikuti.

"Kampus tidak ada kewenangan untuk meluluskan Calon Mahasiswa SMMPTN, kelulusannya ditentukan oleh pusat, dan kita harapkan kepada peserta yang mengikuti ujian di Unimal mendapat nilai yang terbaik," tandas Herman.[tmi]


Kirim Komentar