Rektor Unimal Lepas Kafilah MTQ Mahasiswa Nasional XVI 2019

SHARE:  

Humas Unimal
PELEPASAN Kafilah Unimal mengikuti MTQ Mahasiswa Nasional XVI, Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Rektor Universitas Malikussaleh Dr Herman Fithra, Selasa (23/7/2019) melepas keberangkatan Kafilah  Unimal mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Mahasiswa Nasional XVI di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, yang dimulai (27 Juli s.d 4 Agustus 2019) di Aula Cut Meutia Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

Pelepasan tersebut turut hadir Para Wakil Rektor, Para Dekan, Ketua LPPM, Kepala UPT, Ketua Program Studi, Kabag Kemahasiswaan dan Akademik, Para Pelatih. Keberangkatan akan dilaksankan pada hari sabtu, tanggal  27 Juli 2019 dan kepulangan kafilah pada tanggal 4 Agustus 2019.

Ketua Kafilah Hadi Iskandar SH MH kepada Unimalnews mengatakan Kafilah yang diberangkatkan terdiri dari 16 cabang Musabaqah yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dari seluruh penjuru tanah air bertujuan dapat memberikan dampak konstruktif yang signifikan dalam pembinaan generasi muda.

"Pelaksanan TC MTQ M Nasional, telah dillaksanakan dari bulan Februari hingga 20 Juli 2019, dan telah dilaksanakan evalausi peserta sebanyak 3 kali untuk pemantapan para peserta Musabaqah,"kata Hadi.

Wakil Rektor III Unimal Dr.Baidhawi SP MP sekaligus Penangungjawab Kegiatan menyebutkan Unimal sendiri mengirimkan 32 Peserta dan 11 pelatih, 4 Official dengan mengikuti 15 Cabang Musabaqah  terdiri dari, 1.Musabaqah Tilawatil Qur’an (TQ) 2. Musabaqah Tartilil Qur’an (TL) 3. Musabaqah Qira’at Sab’ah (QS)  4. Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz (HQ5) 5. Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz (HQ10) 6. Musabaqah Hifzhil Qur’an 20 Juz (HQ20) 7. Musabaqah Khaththil Qur’an (KQ) Golongan Dekorasi adalah lomba menulis indah Al-Quran (kaligrafi). 8. Musabaqah Khaththil Qur’an (KQ) Golongan Kontemporer adalah lomba menulis indah Al-Quran (kaligrafi). 9. Musabaqah Fahmil Qur’an (FQ) 10. Musabaqah Syarhil Qur’an (SQ) 11. Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (KTIQ) 12. Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Arab (DIA) 13. Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Inggris (DII). 14. Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an (DAQ) 15. Musabaqah Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW (MMN).

"Tahun ini, Unimal mengirim 32 peserta plus 11 pelatih dan 4 official yang akan mengikuti 15 cabang Musabaqah nantinyan,"jelas Baidhawi.

Rektor Universitas Malikussaleh Dr Herman Fithra dalam kesempatan itu menyampaikan Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat manusia karena dengan Al-Qur’anlah manusia itu mulia dan hidup sesuai dengan kefitrahannya.

"Untuk para peserta  untuk melaksanakan kegiatan ini penuh keikhlasan, jangan jadikan kegiatan ini beban agar dapat memperoleh hasil yang maksimal, dan terus berlatih dan belajar dengan baik agar terbentuk manusia yang berkualitas yaitu  beriman dan bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mulia, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani,"pesan Rektor Herman.

Rektor juga memohon kepada seluruh civitas akademika Unimal untuk mendoakan anak-anak dari Unimal yang mengikuti MTQ M Nasional di Banda Aceh nantinnya,

"Mohon doa dari seluruh civitas akademika Unimal, semoga pelaksanaan MTQ M Nasional  2019, Universitas Malikussaleh bisa mengulang kembali Prestasi Juara Umum di Tahun 2009,"harap Rektor Herman.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar