Alat Hemat Listrik Karya Mahasiswa Unimal Di Lokasi KKN Kebangsaan

SHARE:  

Humas Unimal
Andrey Revaldi, Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Malikussaleh setelah pemasangan alat hemat listrik di lokasi KKN Kebangsaan di kota Tidore. FOTO ; IST

UNIMALNEWS | Tidore - Andrey Revaldi mahasiswa jurusan teknik elektro Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (FT Unimal) membuat sebuah karya yang sangat bermanfaat di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN} Kebangsaan. Andrey ditempatkan di kelurahan Sofifi Kecamatan Oba Utara kota Tidore dan tergabung ke dalam kelompok 15 peserta KKN Kebangsaan tahun 2019.

Andrey berhasil menginisiasi sebuah kegiatan yang merupakan program tambahan kelompok 15 KKN Kebangsaan di Kota Tidore. Adalah alat hemat energi listrik bagi masyarakat yang dipasang pada lokasi KKN Kebangsaan merupakan karya dari Andrey.

Menurut Andrey prinsip kerja alat membutuhkan cahaya, jika cahaya mengenai kontak body photocell maka resistor sebagai komponen utamanya secara otomatis akan memperbesar nilai resistansi, sehingga arus listrik yang mengalir pada resistor akan terhambat.

Alat hemat listrik ini dipasang di tiga titik yaitu Kantor Lurah Sofifi, mesjid dan sekretariat pemuda.  Pemasangan alat ini dlakukan pada tanggal 10 Agustus 2019 sekaligus memperingati  Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas). Andrey menyampaikan bahwa pada saat ini peserta KKN belum bisa memasang alat hemat listrik ini di rumah warga karena alat dan bahan yang susah didapatkan di daerah Sofifi.

Program mahasiswa KKN Kebangsaan ini sangat diapresiasi oleh Lurah Sofifi, Bustanul Arifin. Menurut Bustanul alat hemat energi ini merupakan kegiatan yang memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat Sofifi. Kita berharap sebelum meninggalkan lokasi KKN pada 22 Agustus 2019 nanti, masyarakat sudah ada yang bisa membuat alat tersebut, sehingga nantinya bisa dipasang di rumah warga, harap Bustanul.[ryn]


Kirim Komentar