Dosen Unimal Adakan Pelatihan Handycraft untuk Tiga Gampong di Lhokseumawe

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Adakan Pelatihan Handycraft di Tiga Gampong di Lhokseumawe

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh mengadakan pelatihan pelatihan pembuatan  souvenir (handycraft) peningkatan ekonomi keluarga bagi ibu-ibu rumah tangga desa pesisir Kota Lhokseumawe.

Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat, Asrul Fahmi MAP mengatakan, pihaknya melakukan pengabdian di tiga gampong yaitu Gampong Hagu Selatan, Hagu Selatan, dan Hagu Barat Laot Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe yang dimulai dari April hingga November 2022.

"Peningkatan sumber daya manusia menjadi prioritas utama program ini yang dilakukan melalui workshop. Selanjutnya melatih penjualan melalui media sosial sendiri ibu-ibu rumah tangga sebagai wadah untuk penjualan hasil wireworks yang dihasilkan," katanya.

Lanjutnya, perkembangan industri kreatif ini seharusnya menjadi prioritas desa pesisir dengan wisata baharinya yang baik. Artinya pengembangan usaha tidak hanya dari kuliner saja, namun juga mengarah kepada kegiatan produk aksesoris souvenir bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata maupun desa-desa potensi wisata di Lhokseumawe.

"Ketiga gampong ini mempunyai batasan langsung dengan laut indah selat malaka. Pantai menjadi wilayah wisata bahari yang saat ini juga menjadi pusat jajanan kuliner bagi penambah ekonomi masyarakat. Pemanfaatan daerah wisata menjadikan beberapa masyarakat untuk menjalankan industri rumah tangga bidang wire work menjadi hal baru dalam menghasilkan aksesoris menarik untuk dijual kepada masyarakat," ungkap Fahmi.

Ia menambahkan, "Setelah dilakukan kegiatan pelatihan ini, diperoleh kesimpulan bahwa penyelenggaraan pelatihan ini menambah pengetahuan dan ketrampilan dari kalangan Ibu-ibu rumah tangga di tiga desa dalam wilayah pesisir kota Lhokseumawe dalam meningkatkan kemampuan mengolah wire menjadi nilai seni dan nilai jual. Terutama diharapkan kemudian dapat membantu ekonomi tambahan keluarga," pungkasnya.

Kegiatan pengabdian ini juga menghadirkan praktisi Wire Jewelry dan Wire Art di Kota Lhokseumawe yaitu Husna Hanafiah dengan anggota tim pengabdian yakni Muhammad Fazil MSoc Sc, dan Afliya Rizki MAP.[tmi]


Kirim Komentar