Dosen Unimal Bantu Perajin Kerupuk Ubi

SHARE:  

Humas Unimal
Dapur hemat energi yang dibangun dosen Universitas Malikussaleh bagi perajin kerupuk ubi di Desa Blang Keutumba Kecamatan Juli Kabuoaten Bireuen, Aceh. Foto: IST.

UNIMALNEWS | Bireuen – Sejumlah dosen Universitas Malikussaleh membantu para perajin kerupuk ubi di Desa Blang Keutumba Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen. Dengan program pengabdian kepada masyarakat tersebut, perajin kerupuk ubi mampu meningkatkan produksi dengan biaya yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Menurut Muhammad, dengan dapur hemat energi tersebut, masyarakat yang tergabung dalam kelompok usaha kerupuk ubi tersebut bisa menekan biaya produksi, sehingga memberikan lebih banyak keuntungan.

Baca juga: Kemandirian Perempuan Jadi Tujuan Pengabdian Dosen FEB Unimal

“Dapur yang sebelumnya mereka gunakan, hanya bisa digunakan untuk satu penggorengan. Dengan dapur hemat energi, dalam satu kali penggorengan bisa menggunakan dua wajan besar,” ungkap dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, Muhammad, Kamis (29/8/2019).

Menurutnya, program yang diketuai Dr Trisna tersebut merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang berlangsung sejak Juli sampai September mendatang. “Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi penggunakan kayu bakar dan perbaikan mutu produk yang lebih sehat pada kelompok usaha kerupuk ubi,” tambah Muhammad.

Selain membantu kelompok usaha keripik ubi dalam membangun dapur hemat energi, kata Muhammad, pihaknya juga mendorong kelompok usaha tersebut menggunakan plastik ramah lingkungan dan sehat. Dia mengharapkan, kedua kegiatan tersebut bisa menginspirasi kelompok usaha lain untuk membangun jenis dapur hemat energi.[ayi]

Baca juga: Program Desa Binaan, Kegiatan Pengabdian Himatemia Unimal


Kirim Komentar