Dosen FEB Unimal Pemateri Bimtek Kelembagaan Dan Manajeman Dayah Aceh Utara

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen FEB Universitas Malikussaleh, Dr Marbawi ketika menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) Kelembagaan dan Manajemen Dayah yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara, Kamis (5/9/2019)

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara menggelar bimbingan teknis (bimtek) kelembagaan dan manajemen dayah. Kegiatan yang ditujukan untuk pengelola dayah di lingkungan Kabupaten Aceh Utara ini dilaksanakan di Lido Graha Hotel selama 2 hari yakni Rabu dan Kamis (4-5/9/2019).

Kegiatan bimtek ini menghadirkan narasumber yang pakar pada bidangnya. Satu diantaranya adalah Dr Marbawi, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Malikussaleh.

Menurut Dr Marbawi, beliau diminta untuk menyampaikan materi tentang Manajemen Kemandirian Dayah melalui Program Wirausaha dan Konsep Pengembangan Ekonomi Dayah.

Dalam materi yang disampaikan, Marbawi mengatakan bahwa hari ini harus bisa menjadi dayah yang mandiri secara ekonomi. Arti mandiri secara ekonomi adalah kondisi dimana aspek ekonomi dayah dapat ditopang oleh sistem ekonomi dayah yang berkembang dan berkelanjutan sebagai bagian dari sistem keseluruhan sebuah dayah.

Menurut Marbawi ada 4 (empat) tantangan yang dihadapi dayah dalam pengembangan kemandirian ekonomi yakni, pemasaran (marketing), Jaringan (networking), kapabilitas dan permodalan. Sehingga diperlukan sebuah program wirausaha yang bisa menghasilkan produk inovasi baru yang berdasarkan kepada potensi yang dimiliki dayah sebagai salah satu solusinya.[ryn]


Kirim Komentar