Lagi, Mahasiswa KKN Manfaatkan Lahan Warga Untuk Tanaman Obat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Unimal di gampong Blang ado sedang mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk menanam tanaman obat dan sayuran yang hasilnya nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, Minggu (8/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Kuta Makmur – Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kembali melaksanakan kegiatan yang memanfaatkan lahan kosong milik warga. Kali ini dilakukan oleh Mahasiswa KKN kelompok 68 di gampong Blang Ado Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.

Melihat masih banyaknya lahan yang tidak produktif, muncul ide untuk menanam tanaman yang mempunyai manfaat bagi masyarakat.

Percontohan pemanfaatan lahan dengan  menanam tanaman obat dan sayuran itu akhirnya dilakukan di lahan milik salah seorang aparatur desa. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (8/9).

Derry Ichsan, ketua kelompok KKN 68 menyampaikan bahwa jenis tanaman sayuran yang ditanam adalah sawi,kangkung dan bayam. Untuk tanaman obat yang ditanam adalah jahe, sereh dan rebungkala.

Tanaman obat ini sebenarnya mudah ditemukan di lingkungan, namun banyak warga yang belum mengetahui manfaat atau khasiat dari tanaman tadi, sehingga tidak dibudidayakan secara baik. Kita berharap dengan adanya percontohan penanaman ini, masyarakat bisa tahu manfaat dari tanaman tersebut, sehingga mau untuk membudidayakan di kebun atau pekarangan rumah masing-masing, terang Derry.

Sementara itu, tuha peut  gampong Blang Ado M Isa sangat mendukung pelaksanaan program budidaya tanaman yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. Semoga dengan program ini bisa meningkatkan kesadaran warga untuk membudidayakan tanaman yang berguna bagi kesehatan karena sifatnya yang alami dan tanpa bahan kimia, tutup Isa.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar