Mahasiswa KKN Kelompok 29 Praktikkan Pembuatan Sabun Cair

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Unimal kelompok 29 sedang mempraktekkan pembuatan sabun cair dari minyak goreng bekas di gampong Baree Blang, Aceh Utara, Minggu (8/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Jungka Gajah – Mahasiswa KKN Kelompok 29 Universitas Malikussaleh mengajak Ibu-ibu untuk Memanfaatkan minyak goreng bekas yang diolah menjadi sabun cair. Praktik di Gampong Baree Blang Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara pada Minggu, (8/9) itu menarik perhatian banyak warga.

Pembuatan sabun cair ini juga bisa menjadi cara  meningkatkan perekonomian rumah tangga, salah satu cara ialah memanfaatkan minyak goreng sisa agar tidak dibuang sia-sia.

Ide pemanfaatan minyak bekas tersebut datang dari salah seorang mahasiswa KKN. Apresiasi dan dukungan dari rekan-rekan sesama anggota KKN yang ikut serta ikut dalam pengolahan sabun cair tersebut, menjadikan kegiatan ini sebagai nilai tambah kelompok.

Untuk pengolahannya sangat mudah. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan pengolahannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Sabun cair yang dihasilkan langsung dibagikan kepada warga untuk diuji pemakaiannya di rumah masing-masing.

Ide itu juga mengajarkan bahwa barang bekas masih bisa dimanfaatkan dengan prinsip recycle dan reuse sehingga menjadi upaya untuk mempertahankan ekosistem dan pemborosan sumber daya alam, ungkap Liza Munira, salah seorang anggota KKN kelompok 29.[tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar