Ajakan Menabung Dan Membudidayakan Tanaman Obat Kelompok KKN 63

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 63 berfoto bersama anak-anak di gampong Ulee Ceubrek Kecamatan Meurah Mulia seusai sosialisasi pentingnya menabung, Sabtu (8/9). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Jungka Gajah - Berbagai kegiatan di lokasi KKN terus dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Malikussaleh. Seperti tidak ada letihnya, mahasiswa selalu bersemangat dalam melaksanakan program-program yang telah disusun selama KKN Berlangsung.

Kelompok 63 salah satunya yang melaksanakan dua kegiatan pada hari Sabtu dan Minggu (9/9) di lokasi KKN yakni di gampong Ulee Ceubrek Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara.

Pada hari Sabtu kelompok KKN 63 ini mengadakan sosialiasi dan ajakan kepada anak-anak untuk gemar menabung.

Menabung ini membiasakan hidup hemat. Hemat bukan berarti pelit. Hemat mempunyai makna membeli sesuatu yang diperlukan saja. Uang yang ditabung bisa digunakan untuk hal yang lebih penting di masa datang, seperti membeli keperluan sekolah, ujar Alya Herlinda salah seorang peserta KKN.

Selanjutnya, pada hari Minggu, Kelompok KKN 63 melaksanakan percontohan pembuatan taman untuk tanaman obat keluarga. Percontohan penanaman tanaman obat ini dilaksanakan di halaman balai gampong Ulee Cubreuk.

Menurut Humas KKN Kelompok 63, Andika Saputra menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan program ini agar masyarakat bisa tahu akan manfaat beberapa tanaman obat. Saat ini masyarakat sangat bergantung dengan obat-obatan kimia, padahal ada tanaman yang bisa menggantikannya sebagai obat.

Beberapa jenis tanaman obat keluarga yang ditanam adalah kumis kucing, daun bidara, jahe, lengkuas, kunyit, dan daun kelor. Kita berharap, apa yang kita tanam ini bisa diikuti juga oleh warga dengan turut menanam tanaman obat di halaman rumah mereka, tutup Andika.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar